Pikiran Rakyat
USD Jual 14.605,00 Beli 14.305,00 | Sebagian berawan, 24.2 ° C

Milenial Jabar Juarai Kompetisi Creator Reborn

Asep Budiman
GENERASI milenial Jawa Barat meraih juara pada kompetisi Creator Reborn pada acara Bima Day.*/ASEP BUDIMAN/PR
GENERASI milenial Jawa Barat meraih juara pada kompetisi Creator Reborn pada acara Bima Day.*/ASEP BUDIMAN/PR

BANDUNG, (PR).- Generasi milenial Jawa Barat meraih juara pada kompetisi Creator Reborn pada acara Bima Day. Keberhasilan mereka menunjukkan bahwa potensi anak muda kreatif dari tanah Pasundan sangat banyak.

Komitmen 3 Indonesia pun terus berlanjut, tahun ini 3 menghadirkan Bima Day, sebuah pesta kreativitas anak muda Indonesia yang digelar di Eldorado Dome, Bandung, 16 Maret 2019. Melalui Bima Day, 3 Indonesia mengajak anak muda Indonesia untuk menggali potensi dan kreativitas di ranah digital kreatif dengan memanfaatkan teknologi guna mewujudkan ambisinya di bidang musik elektronik, film pendek, dan juga e-sports. 

Acara Bima Day telah sukses digelar dan dihadiri sekitar 12.000 anak muda, dengan beragam aktivitas mulai dari talkshow pakar industry kreatif hingga pentas musik yang menampilkan pemenang kontes music Sound of Tri, Manjakani asal Pontianak dan Paberik Bamboe dari Bandung, serta musisi top Indonesia Sheila on 7, Padi Reborn, Dipha Barus, Winky Wiryawan, dan Elephant Kind. 

“Tahun ini adalah tahunnya para kreator anak muda yang berkarya memanfaatkan platform digital dan sukses dengan apa yang mereka lakukan. Hal yang menarik adalah e-sports kini menjadi subsektor yang juga didukung oleh pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia. Bima Day menjadi salah satu ekosistem pendukungnya yang diperkuat oleh infrastruktur mobile internet andal dari 3,” ujar Fari Suhud, District Operations Head West Java.

Tiga kategori

Rangkaian program Bima Day diawali dengan ajang kompetisi Creator Reborn yang mengangkat tiga kategori, yaitu kreatif content seperti Short Movie, Dance Music dan E-sport PUBG Mobile. Pendaftaran kompetisi Creator Reborn telah berlangsung dari 16 Desember 2018 hingga 16 Februari 2019 dan telah diikuti oleh lebih dari 8.000 peserta dari penjuru nusantara. Dalam kompetisi PUBGMobile, 3 juga menggandeng mitra perlengkapan gaming gear ternama, Razer. 

Dari kategori e-sports PUBG Mobile, 3 Indonesia mendapat lebih dari 1.200 peserta skuad dari seluruh penjuru Indonesia. Terpilih 15 skuad finalis yang lolos berkompetisi ke babak grand final pada acara Bima Day. 

Di kategori PUBG Mobile, tiga skuad yang menjadi pemenang adalah Partai Ketawa Skuad dari Yogyakarta mendapatkan juara pertama, Gold Esport dari Banjarmasin juara kedua, dan Ruci Esport dari Jakarta juara ketiga. Partai Ketawa skuad menjadi pemenang pertama yang juga akan mendapatkan boothcamp bareng EVOS tim e-sports ternama tanah air. Sebagai apresiasi, pemenang kompetisi Creator Reborn kategori e-Sports akan mendapatkan total hadiah Rp63juta, perangkat gaming dari Razer dan juga product dari 3. 

Sementara itu, 62 karya kreatif untuk kategori short movie dan 95 karya kreatif untuk kategori dance music telah diterima dan telah melalui proses penjurian. Dari dua kategori tersebut telah dipilih juara 1, 2, dan 3 oleh dewan juri yang terdiri atas Winky Wiryawan (kategori dance music) dan Angga Dwimas Sasongko (kategori short movie). 

Pemenang kategori short movie dan dance music telah terpilih hasil dari penilaian dewan juri dan juga vote melalui bimaday.tri.co.id. Mereka adalah Indra Jaya Kusuma anak muda asal Probolinggo yang menjuarai kategori short movie dengan documentary film berjudul “Dilematis” sekaligus Pemenang Favorit 1. Disusul Juara 2 dan 3 dimenangi oleh Robby Ainu Fikri dari Kediri mendapatkan apresiasi dana sebesar Rp 10 juta dan produk 3 serta Faras Haidar mendapatkan apresiasi Rp 5 juta dan produk 3. Di kategori short movie, milenial asal Karawang berhasil masuk 10 finalis. 

Anak muda keren

Untuk kategori Dance Music dimenangi oleh milenial Jawa Barat, Gilang Rahdianando asal Tasikmalaya sebagai juara 1 sekaligus pemenang favorit 3 dengan karya musik bertajuk Mikaweruh Ki Sunda, juara 2 dari Bali, dan juara 3 diraih oleh milenial Bandung, Faiz Intifada Julian Romli dengan judul Light to My Life mendapatkan apresiasi Rp 5 juta dan produk 3. Tak hanya itu, milenial Cirebon, Karawang, dan Sukabumi juga masuk top 10 Skuad PUBG Mobile di kategori eSport.

Pemenang juara 1 kategori musik dan film mendapatkan edutrip ke Amerika Serikat, untuk menghadiri festival kreatif dan teknologi terbesar di dunia. 3 juga memberikan hadiah uang serta produk tunai untuk juara 2, 3, dan favorit. Sebagai wujud nyata dukungan 3 terhadap ambisi anak muda Indonesia, karta 10 terbaik kategori musik dan movie akan dipromosikan melalui social media 3 Indonesia dan juga aplikasi bima+.

Dengan semua rangkaian acara ini, 3 Indonesia berharap bahwa anak muda Indonesia dapat semakin berani mewujudkan ambisinya dan menjadi generasi yang akan mengharumkan nama Indonesia di masa depan.***

DGM Public Relations PT Hutchison 3 Indonesia Arum K Prasodjo mengaku bangga melihat prestasi anak-anak muda keren dari Jabar. Selain menginspirasi rekan-rekan segenerasi, mereka juga turut mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui karya kreatif.

"Contoh kecil, mereka jual lagu di Spotify, sekaligus bayar pajak. Banyak industri pendukung dan kreatif ikut naik," ucap Arum saat memberikan hadiah kepada para pemenang asal Jawa Barat di Gerai 3 Store Dago, Kota Bandung, Senin petang, 8 April 2019.

Juara 1 Dance Music, Gilang Rahdianando yang mengangkat karya musik bertajuk Mikaweruh Ki Sunda menyatakan bahwa banyak budaya luar yang masuk ke Indonesia. Dia mengingatkan agar jangan mudah terpengaruh karena budaya Indonesia lebih unik dan banyak.

Sementara juara 3, Faiz Intifada Julian Romli menginspirasi banyak orang bahwa untuk menghasilkan musik berkualitas tak harus menguasai instrumen musik. Berbekal aplikasi digital, Faiz dan timnya mampu meramu musik dan lirik tanpa studio musik.***

Bagikan: