Pikiran Rakyat
USD Jual 14.635,00 Beli 14.335,00 | Umumnya berawan, 21.6 ° C

Buat Hidup Lebih Praktis, 14 Layanan Uang Digital Ini Harus Anda Ketahui

Yusuf Wijanarko
UANG digital/DOK. PR
UANG digital/DOK. PR

KITA telah menjadi saksi sekaligus ambil bagian dalam pergeseran tren pembayaran dari uang fisik ke uang digital atau elektronik sejak beberapa tahun belakangan.

Berdasarkan data Bank Indonesia, transaksi dengan metode pembayaran digital di Indonesia pada periode Januari-Agustus 2018 telah mencapai angka Rp 28 triliun. Kepraktisan yang dihadirkan uang digital membuat orang berbondong-bondong  menggunakannya.

Banyak pembayaran yang bisa diproses oleh uang digital mulai dari transportasi hingga berbelanja online.

Menurut data yang dipublikasikan Statista, ada 29 persen merchant online di dunia menyediakan pilihan transaksi mengunakan e-wallet sepanjang 2018.

Gopay/DOK. PR

Porsi ini diprediksi akan terus meningkat setiap tahunnya. Bisa jadi, pada kemudian hari jajanan remeh-temeh juga bisa dibeli menggunakan uang digital.

Dari penelusuran iPrice, ada 14 tipe layanan dari 28 produk e-wallet di Indonesia yang harus dipahami. Tidak hanya agar bisa belanja lebih efektif dan leluasa, tapi juga agar dapat lebih hemat sebab sejumlah operator e-wallet kini gencar menggelar promosi.

1. Ride hailing

Ride hailing atau yang lebih populer dengan sebutan transportasi berbasis aplikasi telah mengubah keseharian banyak orang.

Tidak hanya dari aspek pemanfaatan kendaraan untuk mengangkut penumpang, tapi juga cara membayar jasanya.

Belakangan, operator ride hailing gencar mengenalkan fitur pembayaran melalui e-wallet yang terintegrasi dengan aplikasi mereka.

Konsumen diminta mengisi sejumlah saldo dalam e-wallet yang telah ditentukan agar dapat menikmati layanan transportasi yang dibutuhkan.

2. Pengiriman makanan

Bisnis makanan di Indonesia semakin berkembang sejak adanya layanan pengiriman dari sejumlah operator ride hailing.

Mereka menawarkan pengiriman makanan dengan cepat dan mudah. Layanan pengiriman ini diklaim dapat lebih efisien dibandingkan harus pergi sendiri ke tempat makan atau restoran, terutama restoran yang jauh jaraknya. Umumnya, ongkos layanan pengiriman makanan dapat dibayar menggunakan e-wallet.

3. Pemesanan makanan

Senada dengan pengiriman makanan, layanan pemesanan makanan juga mudah dilakukan tanpa perlu mengeluarkan uang tunai.

Pembayaran makanan melalui e-wallet sudah cukup jamak di restoran dan kafe. Konsumen tinggal memindai barcode terkait yang ada di kasir restoran.

Setelah itu, dengan otomatis jumlah uang di dalam e-wallet akan berkurang sesuai dengan harga makanan maupun minuman yang telah dipesan.

Gerai kopi seperti Starbucks adalah salah satu contoh tempat yang menerima pembayaran e-wallet.

4. Tiket bioskop

Perkembangan teknologi memang memanjakan lebih banyak kelompok, termasuk kelompok orang yang senang menonton film di bioskop.

Kini ada banyak bioskop yang meningkatkan fasilitas pemesanan tiket menjadi lebih canggih sehingga calon penonton lebih mudah mendapat tiket.

Anda kini bisa memilih nomor kursi fasilitas pemesanan tiket online. Tidak hanya itu, pembayaran tiket melalui platform online juga semakin mudah.

Bila dulu hanya berbatas pada orang-orang yang menggunakan kartu kredit, kini semakin banyak operator e-wallet yang menyediakan fasilitas untuk pembayaran tiket bioskop. Tak perlu kartu kredit, hanya cukup pastikan saldo e-wallet mencukupi.

5. Gim

Bagi para online gamer, kehabisan voucher gim adalah masalah pelik. Namun, kini semua orang dapat membeli voucher gim dengan praktis menggunakan e-wallet. Tak perlu lagi mencari warnet terdekat untuk membeli voucher permainan yang disukai.

6. E-commerce

Semakin banyak orang di Indonesia yang menggandrungi belanja online. Selain karena lebih praktis, diskon yang ditawarkan toko-toko di platform e-commerce juga begitu menggoda.

P2P/DOK. PR

Sejumlah perusahaan e-commerce mempermudah proses pembayaran agar konsumen lebih nyaman berbelanja.

Salah satu caranya yakni dengan menyediakan layanan pembayaran melalui e-wallet. Saat ini, perusahaan e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Bukalapak punya operator e-wallet yang berintegrasi khusus dengan sistem mereka.

7. Retail fisik

Kini ada banyak toko retail fisik yang menawarkan pilihan pembayaran menggunakan fitur e-wallet. Untuk pemesanan makanan misalnya, pembeli hanya perlu memindai barcode khusus yang biasanya ada di bagian kasir untuk menyelesaikan pembayaran.

8. Produk finansial

Tidak hanya untuk platform pembayaran, operator e-wallet masa kini juga menyediakan sejumlah produk finansial seperti produk tabungan dan asuransi.

Paytren dan Dokupay merupakan operator e-wallet yang punya varian produk finansial dalam layanan mereka.

9. Transportasi umum

Penetrasi e-wallet di Indonesia sedikit banyak berawal dari transportasi umum. Pengguna transportasi umum seperti kereta api dan bus tidak perlu membawa uang tunai untuk membayar ongkos.

Dengan adanya pembayaran menggunakan e-wallet, calon penumpang juga terhindar dari penumpukan antrean di loket-loket kendaraan.

10. Logistik

Industri logistik dan pengiriman barang turut tumbuh signifikan seiring meningkatnya tren belanja daring di Indonesia. Operator logistik yang baru tidak hanya menghadirkan layanan pengiriman yang lebih responsif, tapi juga memberi lebih banyak pilihan metode pembayaran seperti melalui e-wallet.

Go-Send dan Grab Express merupakan contoh layanan logistik yang menggunakan sistem pembayaran e-wallet.

11. P2P

Tidak hanya untuk pembayaran, e-wallet juga bisa menjadi solusi untuk mentransfer uang yang telah diisikan ke akun sesama pengguna.

Layanan ini biasa dikenal sebagai peer to peer (P2P). Sejauh ini ada 7 operator e-wallet yang menyediakan layanan P2P yakni Dana, TrueMoney, Go-Pay, Speedcash, iSaku, KasPro, dan BluePay.

12. Tagihan rumah tangga

Beragam tagihan rumah tangga seperti tagihan telefon kabel, listrik, air PDAM, gas, hingga pajak bumi dan bangunan (PBB) kini bisa dibayar menggunakan uang dari dompet elektronik.

Tipe layanan ini juga memudahkan konsumen menelusuri tagihan yang akan jatuh tempo melalui fitur pengingat otomatis yang bisa diatur sesuai kebutuhan dari masing-masing aplikasi e-wallet.

13. Pulsa

Banyak operator e-wallet yang menghadirkan pembelian pulsa dalam layanannya. Selama saldo di dalam e-wallet mencukupi, konsumen tidak perlu ke lagi bergantung padaa transaksi fisik di gerai ponsel, ATM, ataupun minimarket.

14. Penarikan uang

Belakangan, layanan e-wallet juga menghadirkan pilihan penarikan uang tunai. Uang fisik dapat ditarik langsung melalui mesin ATM atau saat melakukan transaksi di toko tertentu.

Saat ini ada 14 operator e-wallet yang menghadirkan fitur penarikan uang tunai dalam layanannya. Operator e-wallet itu meliputi BluPay, KasPro, iSaku, Speedcash, Dana, Truemoney, Gopay, XL Tunai, Doku, PayPro, Mandiri E-cash, JakOne, Rekening Ponsel CIMB, dan Sakuku.***

Bagikan: