Pikiran Rakyat
USD Jual 14.603,00 Beli 14.303,00 | Sebagian cerah, 28.8 ° C

Advan s6 Plus Jadi Produk Jagoan di Bawah Rp 1 Juta 

Asep Budiman
ADVAN s6 Plus.*/ASEP BUDIMAN/PR
ADVAN s6 Plus.*/ASEP BUDIMAN/PR

JAKARTA, (PR).- Merek smartphone lokal nomor satu di Indonesia Advan meluncurkan Advan s6 Plus yang dibanderol di bawah Rp 1 juta. Dengan harga terjangkau, Advan optimistis bisa menguasai pasar dengan target penjualan 50.000 unit per bulan.

Optimisme Advan cukup beralasan mengingat target marketnya adalah pengguna kelas menengah ke bawah. Perlu diketahui, market di kedua kelas tersebut terbilang gemuk karena mayoritas produk yang beredar bermain di rentang harga di bawah Rp 2 juta. 

Sementara bagi pengguna pemula (low end user) yang biasanya hanya menggunakan ponsel 2G, bisa menikmati smartphone berteknologi 4G. Penawaran yang cukup menggiurkan dari Advan s6 Plus dari segi harga yang kompetitif dan fitur mumpuni.

GM Sales Advan Ellen Angerani mengatakan, peluncuran ini akan langsung dijual eksklusif di Tokopedia pada 27 Februari 2018. Penjualan secara terbatas selama satu hari ditargetkan sebanyak 500-1.000 unit dengan bundling Telkomsel seharga Rp 799.000.

Setelah penjualan eksklusif dengan harga khusus di Tokopedia pada tanggal tersebut, Advan s6 Plus akan segera tersedia pula di semua e-commerce. "Sementara penjualan offline baru akan dimulai bulan Maret 2019. Kami proyeksi untuk s6 Plus minimum 50.000 unit per bulan," kata Ellen seusai peluncuran di bilangan Cikini, Jakarta, Selasa 26 Februari 2019.

Produk jagoan

Dia menjelaskan, Advan memiliki empat tipe di bawah Rp 1 juta. Akan tetapi, Advan s6 Plus akan menjadi hero product (produk jagoan) di bawah Rp 1 juta. Perusahaan akan menyiapkan dua warna, yaitu hitam dan putih, tetapi yang pertama diluncurkan warna putih dulu.

Tahun ini dengan kehadiran salah satu keluarga baru Advan, Ellen yakin bisa mencapai target penjualan 50.000 unit per bulan. Alasannya, dengan harga Advan s6 Plus di bawah Rp 1 juta, fitur yang ditawarkan nilainya melebihi itu.

"Fitur di Advan s6 Plus ini hanya ada di harga Rp 1 juta lebih," ujarnya.

Dengan optimisme itu, Ellen mengaku yakin arah tahun 2019 akan lebih baik dari kuartal IV 2018 yang cenderung menurun. Namun, dia menduga tidak akan naik sekali karena daya beli masyarakat dipengaruhi pula oleh pemilu dan ada yang menahan beli. 

Sebelum tahun 2017, Ellen menyebutkan, kompetitor Advan tidak terlalu banyak. Memasuki tahun 2017, pesaing-pesaing baru mulai muncul, tetapi pada 2018 mulai berguguran. 

"Advan masih eksis di lima besar, meski turun dari tiga besar, kami mensyukuri dan bangga sebagai local brand," ujarnya.

Spesifikasi

Dilihat dari spesifikasinya, Advan s6 Plus menjalankan sistem operasi Android Go. Sistem operasi ini memungkinkan konsumen untuk menjalankan beragam aplikasi lebih cepat, ringan, dan tanpa hambatan. 

Android Go merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Google. Beragam aplikasi sepeni Youtube Go, Google Maps Go, Files Go ada di dalamnya.

Youtube Go memberikan kemudahan bagi konsumen ketika mengakses streaming video atau mengunduh. Bahkan, dapat diakses secara offline

Dengan kata lain, aplikasi pada Android GO lebih ringan dan tidak menjadikan performa lemot. Advan s6 Plus memiliki RAM 1 GB dan ROM 8 GB, tetapi performa akan tetap optimal dengan hadirnya Android Go di produk tersebut. 

Pengalaman pengguna juga ditingkatkan, perangkat mobile ini memiliki Iayar lebar 5,5 inci rasio 18:9 (full view display) dan fitur pendeteksi wajah (face ID). Konsumen dapat menyaksikan video tanpa ada bingkai yang menutupi. 

Lalu pendeteksi wajah dapat membuka kunci layar dengan cepat. Menariknya, Youtube Go membuat kuota lebih hemat. Sebab, pengguna dapat melihat ukuran video yang akan diunduh. Lazimnya, fitur-fitur tersebut ada di smartphone di atas harga Rp 1 jutaan.

Public Relations Manager Advan, Mohamad Ilham Pratama menambahkan, Advan s6 Plus diposisikan sebagai produk jagoan di bawah Rp 1 juta. Estimasi kontribusi Advan s6 Plus terhadap total penjualan Advan sekitar 30 persen. 

“Konsumen enggak perlu bayar mahal untuk merasakan hape Rp 1 jutaan. Cukup nambah sedikit dapat untung banyak. Selain itu, Advan S6 plus dengan Android Go menjadikan performa lebih cepat, ringan, dan mulus,” ujarnya. 

Bagi konsumen yang doyan streaming video, Advan menyebutkan, Advan 56 Plus menjadi pilihan tepat. Sebab, layar lebar itu dapat memberikan kepuasan saat menyaksikan tayangan favorit. Ditambah dukungan baterai 2.450 mAh. 

Bagi yang suka mengabadikan momen berharga, Advan 36 Plus memiliki kamera depan 5 MP dan kamera belakang 8 MP. Harga normal produk ini Rp 888.000. "Namun, kami akan memberikan sccara ekslusif Advan 36 Plus Android GO ini hanya Rp 799 ribu di Tokopedia pada Rabu, 27 Februari 2019," ucap Ilham.

Bundling Telkomsel

Perlu dicatat, setiap pembelian paket bundling Advan 56 Plus Telkomsel hingga 31 Maret 2019, pelanggan berhak mendapatkan paket TAU Lite 6. General Manager Device Bundling & Customization Strategy Telkomsel, Basuki Ebtayani mengatakan, pihaknya memberikan keuntungan eksklusif kepada pelanggan Telkomsel yang melakukan pembelian Advan s6 Plus sebelum 31 Maret 2019. Pelanggan akan mendapat paket TAU Lite 6 yang berlaku selama 12 bulan. 

Di dalam paket TAU Lite 6, pelanggan akan mendapatkan paket data dengan total sebesar 6 GB, terdiri atas 1 GB kuota intemet di seluruh jaringan Telkomsel, 1 GB kuota internet di jaringan 4G, 2 GB kuota intemet untuk akses media sosial Facebook dan Instagram, serta 2 GB kuota internet untuk aplikasi VideoMax dan GamesMax. 

Paket TAU Lite 6 juga sudah termasuk 100 menit nelpon serta 500 SMS ke sesama pelanggan Telkomsel. Paket TAU Lite 6 ini bisa didapatkan pelanggan Telkomsel hanya dengan Rp 10 saja setelah melakukan pengisian pulsa Rp 50.000.***

Bagikan: