Lima Nomor Pascabayar Indosat yang Aktif Tanpa Pernah Diajukan (Sudah Ditanggapi Indosat)

Kamis, 10 Juni 2021

Keluhan kepada:
Pimpinan dan Direksi Indosat Ooredoo

Saya pengguna Indosat dan sudah cukup lama menjadi pelanggan. Secara resmi dan sangat menyesal menyampaikan kekecewaan saya terhadap sistem, pelayanan customer service dan perusahaan Indosat Ooredoo yang tidak serius menanggapi masalah.

Berikut, saya jabarkan masalah yang saya alami:

Pertama. Pada Maret 2021, saya perpanjang paket pascabayar tahunan yakni Indosat Super Plan. Saat perpanjangan, transaksi paket tahunan dan pembayaran tidak ada masalah. Namun, beberapa hari setelah paket aktif limit pascabayar saya berubah menjadi 0 (nol) dan tidak bisa saya gunakan untuk telepon ke nomor lain.

Kedua. Saya melakukan komplain ke customer service melalui telepon di awal April 2021. Saat itu tidak ada update lanjutan. Saya pun tidak bisa menggunakan limit karena masih 0 (nol).

Kemudian akhir April, saya menghubungi Indosat kembali melalui 185.

Saya diberitahukan bahwa saya memiliki lima nomor pascabayar lainnya yang terdapat tagihan sebesar Rp 500 ribu. Saya harus bayarkan terlebih dahulu agar limit kartu pascabayar dapat dibuka kembali.

Saat itu saya tegaskan bahwa saya tidak pernah membuka nomor pascabayar lain atas nama saya selain nomor yang saya gunakan saat ini.

Customer service tetap mengatakan bahwa data itu valid atas nama saya. Lalu, saya tanyakan mengenai lima nomor pascabayar tersebut.

Dikatakan bahwa lima nomor tersebut berurutan dibuka di bulan Desember 2020. Padahal saya perpanjang paket pacabayar bulan Maret 2021.

Tidak ada informasi apapun mengenai nomor ini dan tagihan yang tertunggak digunakan untuk membeli voucher game.

Sudah kesekian kalinya saya menghubungi 185 namun tidak ada solusi, baik bukti ataupun dokumen valid menurut Indosat.

Sampai saat ini dokumen tersebut belum pernah dikirimkan ke saya.

Ketiga. Karena tidak mendapat solusi dari pembicaraan melalui telepon, saya mendatangi Gerai Indosat Summarecon Mall Serpong. Tujuannya untuk menaikkan limit pascabayar agar saya bisa melakukan panggilan ke nomor lain serta mempertanyakan lebih lanjut mengenai lima nomor tidak dikenal tersebut.

Namun sangat disayangkan customer service saat itu tidak cooperative. Bahkan mengatakan bahwa ini tanggung jawab saya, jika tidak dibayar akan ada debt collector yang menagih ke alamat saya.

Dia juga mengatakan bahwa saya tidak bisa menjaga data KTP asli saya dengan baik karena pembukaan pascabayar itu wajib membawa KTP asli.

Keempat. Di hari yang sama pun saya langsung mendatangi Gallery Indosat Alam Sutera berharap bisa mendapatkan jawaban dan solusi. Namun ternyata saya hanya dibuatkan laporan dan janji akan dihubungi.

Keesokan harinya saya mendapat SMS bahwa kasus laporan saya telah ditutup dan divalidasi bahwa lima nomor tersebut adalah milik saya.

Kelima. Saya akhirnya mendatangi kantor pusat Indosat di Medan Merdeka. Saya datang dan menanyakan syarat pembukaan nomor pascabayar.

Lalu dijelaskan bahwa orang yang bersangkutan harus datang, membawa data asli KTP, mengisi formulir lengkap beserta informasi pembayaran. Ditegaskan bahwa KTP asli dan orang yang bersangkutan (tidak bisa diwakilkan) akan difoto untuk dokumentasi, dan terakhir approval manager cabang.

Keenam. Setelah dijelaskan, saya mulai menceritakan masalah yang saya alami. Customer service pun mengatakan bahwa saya benar. Tidak mungkin bisa ada nomor pascabayar yang dibuka atas nama orang lain walaupun membawa surat kuasa karena harus orang yang bersangkutan.

Setelah dilakukan pengecekan oleh customer service diketahui bahwa lima nomor pascabayar itu dibuka di cabang Indosat Depok.

Customer service juga sudah mendapatkan nama customer service yang membuka kelima nomor itu. Namun saya tidak diberitahukan nama orangnya karena Indosat akan menyelidiki case tersebut secara internal. Lanjutnya, Jika ditemukan kesalahan, Manager Cabang yang memberikan approval tersebut akan diberikan punishment.

Saya mulai tenang karena saya pikir masalahnya akan diselesaikan di internal Indosat. Saya diminta menunggu 14 hari kerja.

Ketujuh. Setelah dua minggu berlalu, tepat 8 Juni 2021, saya telepon ke Call Center Indosat dan diinformasikan bahwa tidak ada laporan tercatat yang saya lakukan di Indosat Medan Merdeka.

Kedelapan. Saya langsung mendatangi Indosat Medan Merdeka saat itu juga. Padahal saya tinggal cukup jauh di Tangerang. Saya temui customer service yang menangani keluhan saya waktu itu. Ia hanya mengatakan kasus saya sudah di follow up secara internal by email ke cabang Depok namun belum ada balasan. Memang saat itu tidak dicatat di sistem karena masalahnya diselesaikan secara internal by email saja.

Kesembilan. Saya terkejut karena dua minggu tidak ada balasan dari Depok dan Indosat pusat hanya diam saja menunggu. Ia pun berulang kali mengatakan bahwa ini sudah sesuai SOP yang berlaku.

Bahkan saya request ingin melihat bukti pembukaan lima nomor tersebut. Apakah formulirnya adalah tulisan saya? Atau tanda tangan asli saya benar-benar serupa? Foto orang beserta KTP-nya benar adalah saya?

Mereka tidak bisa memberikan dan mengatakan harus ada surat resmi dari polisi atau lembaga resmi untuk bisa dibukakan data tersebut.


Willyam Stevan
Cluster Tesla Sumarecon Serpong

Tanggapan

Dengan Hormat,

Terkait dengan keluhan yang disampaikan oleh Bapak Willyam Stevan, seperti yang dimuat di
pikiran-rakyat.com tanggal 10 Juni 2021 terkait Masalah Aktivasi Nomor Pascabayar, atas nama
Manajemen Indosat Ooredoo kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan
yang dialami oleh Bapak Willyam Stevan.

Tim Customer Service Indosat Ooredoo telah menghubungi Bapak Willyam Stevan untuk
memberikan penjelasan dan penyelesaian terhadap kendala yang dihadapi oleh pelanggan.

Penjelasan kami dapat dipahami pelanggan dan permasalahan telah diselesaikan dengan baik.
Kami mengucapkan terima kasih untuk masukan Bapak Willyam Stevan dalam upaya
meningkatkan kualitas layanan kami kepada pelanggan.


Steve Saerang (SVP-Head of Corporate Communications)
Jakarta

Surat Pembaca Lainnya

PT Interaktif Internasional cc PT Telkom

Masalah di PT Interaktif Internasional Tidak Selesai Sampai Sekarang

Tempat usaha kami De Angel Net terdaftar sebagai pengguna layanan QRIS di PT Interaktif Internasional / QRIS INTERACTIVE / interactive.co.id / qris.id yang bekerjasama dengan PT Telkom sejak  2020-08-12 10:39 WIB. Dengan NMID 1020044500350, MID 195245628506 dan dengan nama terdaftar…
22 Oktober 2021, 11:05 WIB

Pikiran Rakyat

Penipuan PO Bus Setia Negara Batik di Pulo Gebang

Sabtu 16 Oktober 2021, berjumlah lebih dari 10 orang telah tertipu oleh PO Setia Negara (Batik). Awalnya saya dan teman saya ber-4 memesan tiket di agen Bus PO setia Negara (Batik) - Pulo Gebang Jakarta Timur. Harga tiket tersebut awalnya…
22 Oktober 2021, 11:24 WIB

Allianz Life Indonesia

Gagal Bayar Klaim Asuransi Allianz

Saya Peter dengan nomor klaim 2021060299500338 asuransi Allianz mengajukan klaim sejak tanggal 02/06/2021, hingga saat ini klaim tersebut tidak diselesaikan dengan alasan analisa klaim yang sudah berjalan lebih dari 60 hari lamanya sesuai dengan waktu yang diminta oleh pihak Allianz. Klaim…
18 Oktober 2021, 14:48 WIB

Bank Permata

Pengembalian Refund Top Up Dana Ke Bank Permata Lambat dan Berbelit-Belit

Pada tanggal 26 September 2021 saya top up saldo Dana ke nomor Dana 081912121247 dengan menggunakan aplikasi Dana (nomor akun Dana pengirim 085885717818) by Debit Permata sebesar Rp 9.750.500 namun status gagal alias refund. Menurut keterangan CS Dana, saldo tersebut per…
6 Oktober 2021, 14:51 WIB

Samsat Bandung

Pembayaran PKB Tidak Tepat

Pada 4 Oktober saya melakukan pembayaran PKB via Bukalapak. Terdapat kenaikan nominal dari Rp 10,89 juta menjadi Rp 13,18 juta untuk pembayaran tahun ke-5. Semula saya berpikir ada kenaikan PKB, ternyata saat pengesahan, didapat informasi ini timbul karena pajak progresif.…
6 Oktober 2021, 14:57 WIB

Bank BTN

Saldo di Rekening BTN Hilang

Saya nasabah bank BTN Cabang Cijerah Bandung. Tabungan Batara no rek. 00086 01 50 021795 0, pada tanggal 28 Juli rekening saya terdebet Rp 26 juta via ATM padahal saya tidak melakukan penarikan. Kartu ATM aman disimpan, tidak pernah pindah tanga, tertipu…
4 Oktober 2021, 09:55 WIB

Super Polly

Garansi Kasur Super Polly yang Lamban

Sekitar 4-5 tahun lalu saya membeli banyak produk kasur super red dari salah satu toko furniture di Tanjung Duren, dimana kasur jenis super red produksi perusahaan super poly ini garansi 10 tahun anti kempes. Seiring dengan berjalannya waktu hingga kini, 4 tahun…
29 September 2021, 08:56 WIB

Customer Care IndiHome

Keluhan Kepada Indihome (Sudah Ditanggapi Indihome)

Kepada Yth. Customer Care IndiHome, Nama saya Teguh Waskito, dengan nomor pelanggan/pembayaran  IndiHome: 121433203969, alamat Komplek Ruko Dasana Indah Blok BD No. 54 Kab. Tangerang Banten 15810. Saya ingin menyampaikan keluhan saya bahwa lampu indikator internet saya mati. Wifi tidak terhubung,…
28 September 2021, 12:02 WIB

Akulaku

Kecewa Layanan Akulaku

Saya sudah memakai Akulaku sejak 2017, tanpa ada kendala sama sekali. Sudah hampir lebih dari 5 kali saya beli barang disini. Tidak pernah terlambat bayar sama sekali. Namun, bulan Agustus 2021 lalu, saya hendak membeli HP Realme C15. Awalnya berjalan…
28 September 2021, 12:13 WIB

Lazada

Lazada, Tindak Seller Nakal!

Dalam sebulan terakhir sudah hampir ada lima paket yang dikirim ke alamat rumah saya dengan metode COD atau bayar di tempat dari situs jual beli online Lazada dan mengunakan jasa pengiriman Ninja Express. Sedangkan penjual atau toko terebut berasal dari…
18 September 2021, 09:30 WIB

Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Aturan Iuran Tahunan Kartu Kredit BRI Diubah Sepihak Tanpa Persetujuan Konsumen

Pada bulan ini saya ditagihkan iuran tahunan sebesar Rp 600.000 dimana pada tahun lalu diinfokan bahwa jika ada iuran tahunan di tahun depan (2021), maka bisa diajukan penghapusan yang penting ada pemakaian kartu. Saya telepon customer service untuk tahun ini…
11 September 2021, 09:14 WIB

Pegadaian Pusat

Kecewa dengan Pegadaian UPC Mall Ambassador

Pada tanggal 30 Agustus istri saya menghubungi kantor Pegadaian UPC mall ambassador untuk menanyakan perihal sisa hasil lelang barang istri saya dengan nomor transaksi 129242101000XXXX yang tidak dapat kami perpanjang pada masa pandemi ini. Kami sebelumnya sudah datang ke lokasi…
10 September 2021, 08:25 WIB

Tokopedia

Hati-hati Program Cashback Tokopedia

Saya adalah pengguna Tokopedia yang sudah tahunan. Pada tanggal 4 september 2021 saya melakukan transaksi pembelian laptop di Tokopedia dari seller di Semarang seharga Rp 7.030.500 dan menggunakan voucher program cashback dengan nilai Rp241.500 dengan invoice INV/20210904/MPL/1560860856. Tanggal 7 september…
8 September 2021, 08:47 WIB

CIMB NIAGA

CIMB Niaga Tidak Bertanggungjawab Atas Program Tabungan Hadiah 1,5 Juta (Sudah Ditanggapi CIMB Niaga)

Awalnya saya ikut program tabungan berhadiah dengan syarat setoran 1juta setiap bulan yang saat ini masih berjalan, dengan reward voucher sebesar 1,5 juta. Namun setelah saya terima dan buka langsung di meja CS, hadiah voucher Sodexo telah expired per july…
6 September 2021, 09:07 WIB

Shopee

Dikecewakan Shopee dalam Menangani Kasus Penipuan oleh Pembeli

Saya merupakan seller di marketplace shopee, dengan olshop bernama : MIRACLESTORE. Pada bulan 21 Agustus 2021, saya menerima order via shopee berupa pembelian 2pcs kotak sepatu premium, dengan data pembeli sbb :No order : 2108215JN77R8X.Atas nama : Andy 6285758626*** Ternyata…
4 September 2021, 09:37 WIB

DANA

Transfer menggunakan DANA ke CIMB Niaga status "Pending", Pihak Dana Lepas Tangan

Saya adalah pengguna akun dana Premium dengan nomor akun 085159882063. Pada hari Jumat (27 Agustus 2021 jam 14.04 WIB) saya melakukan Transfer dari Akun Dana ke Bank CIMB Niaga 706179954300 milik saya sendiri sejumlah Rp742.520. Tiba-tiba status transaksinya dinyatakan pending dan…
31 Agustus 2021, 10:50 WIB

xiaomi.official.id

Waspada Promosi Menjebak POCO X3 GT di Shopee

Hati-hati saat membeli handphone Poco X3 GT di Shopee (akun xiaomi.official.id). Jangan tergiur free-nya. Saya membeli saat Flash Sale tanggal 20 Agustus. Tergiur poster free Bundling IM3 156 GB dan free Mi True Wireless Earbuds Basic 2 karena untuk sekolah online anak.…
27 Agustus 2021, 09:06 WIB

PT Allianz Life Indonesia

Refund Premi Asuransi Allianz Dipersulit

Saya mengajukan ikut asuransi Allianz Life bulan Maret 2021 dan sudah membayar premi sebesar Rp2.200.000. Tetapi karena ada sesuatu hal, saya tidak bisa memenuhi pesyaratan yang diperlukan untuk pengajuan. (SPAJ 1010082742248). Agen Allianz mengatakan dana premi bisa di ajukan refund 7…
26 Agustus 2021, 12:39 WIB

Shopee

Akun Penjual Shopee Dibatasi Alasan yang Jelas, Saldo Belum Dikembalikan (Sudah Diselesaikan Shopee)

Akun shopee saya dengan username 95xevd9ld4 tiba-tiba dibatasi dengan alasan kejanggalan transaksi pada tanggal 23 Mei 2021.Berkali-kali meminta bukti transaksi yang janggal, tetapi pihak Shopee tidak bisa menunjukkan bukti dan secara sepihak langsung membatasi akun saya. Saya juga menanyakan dimana kantor…
16 Agustus 2021, 09:18 WIB

Para Pembaca Pikiran Rakyat

Hati-hati Dalam Memilih Asuransi

Semoga pengalaman saya dapat menjadi pelajaran berharga bagi yang berkeinginan memiilih asuransi.  Kita harus detail menyimak dan membaca klausulnya, jenis asuransinya dan jika satu hal terhenti di tengah jalan apakah premi yang dibayarkan hangus semua atau dikembalikan sebagian. Cerita saya…
2 Agustus 2021, 11:21 WIB

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X