Pikiran Rakyat
USD Jual 14.044,00 Beli 14.142,00 | Sedikit awan, 20.5 ° C

Menyoroti Pasar Cihapit Bandung

Surat Pembaca
ILUSTRASI pasar tradisional.*/WILUJENG KHARISMA/PR
ILUSTRASI pasar tradisional.*/WILUJENG KHARISMA/PR

SAYA termasuk pelanggan setia Pasar Cihapit sejak dulu. Pada awal-awal tahun 2017, pemerintah telah merevitalisasi Pasar Cihapit sehingga menjadi contoh pasar tradisional yang baik dan bersih, serta menjadi pasar kontemporer yang dekat dengan masyarakat perkotaan. Terbukti ketika itu, Pasar Cihapit menjadi pasar tradisional di Kota Bandung yang paling nyaman dan bersih. Selain itu, Pasar Cihapit juga aman dari berbagai tindak kejahatan. Para pembeli, termasuk saya, tentu merasa sangat senang berbelanja di Pasar Cihapit.

Selain berbelanja, saya dan keluarga sering makan siang di salah satu rumah makan yang melegenda yang ada di Pasar Cihapit. Namun, beberapa kali ini, saat makan siang di rumah makan di Pasar Cihapit, saya melihat kejanggalan di sana. Saya melihat ada beberapa warga yang seperti baru bangun tidur dari dalam kios yang tidak digunakan untuk berdagang. Saat kios yang tidak digunakan untuk berdagang tersebut terbuka, terlihat ada kasur, lemari pakaian, kompor, televisi, perabotan rumah tangga lainnya. Bahkan, cucian dan sampah  terlihat ada di mana-mana.

Apakah telah terjadi alih fungsi kios-kios di Pasar Cihapit menjadi tempat tinggal? Jika ini terjadi, tentu sangat disayangkan, karena sangat mengganggu kenyamanan para pembeli untuk berbelanja di sana. Langkah pemerintah untuk merevitalisasi Pasar Cihapit pun dipandang sia-sia belaka.

Saya berharap kepada pihak-pihak terkait dapat menertiban Pasar Cihapit agar kembali menjadi pasar yang nyaman bertransaksi dan dikunjungi.

Saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Redaksi Pikiran Rakyat yang telah memuat surat pembaca ini.

Agus Surinto

Kampung Cikadu RT 5 RW 11

Ciumbuleuit, Cidadap

Kota Bandung

Bagikan: