Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Sebagian berawan, 18.8 ° C

IMEI sebagai Saran Berantas Ponsel Ilegal?

Surat Pembaca
ILUSTRASI.*/REUTERS
ILUSTRASI.*/REUTERS

RENCANA pemerintah akan memberlakukan pengendalian/ kontrol ponsel/ gadget ilegal dengan memanfaatkan nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) sangat bagus dan mulia. Hal tersebut sudah pernah saya usulkan beberapa tahun silam. Namun, dari berita-berita yang saya baca di media cetak, regulasi tersebut kurang tepat, tidak komprehensif, dan terkesan menggadaikan martabat bangsa.

Saya katakan kurang tepat karena diinisiasi dan dikomandoi oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang secara Undang-Undang tidak memiliki otoritas langsung ke operator telekomunikasi. Padahal, kontrol akhirnya ada di operator telekomunikasi. Apalagi tidak melibatkan Kementerian Keuangan (Bea Cukai) sebagai palang pintu masuknya produk-produk impor ke Indonesia.

Dokumen impor sangat penting sebagai alat kontrol nilai pajak. Jika info yang saya baca benar adanya, saya sampaikan bahwa rencana tersebut menggadaikan martabat bangsa Indonesia, mengingat perangkat/ sistem kontrol yang akan dipergunakan tersebut disponsori oleh salah satu vendor asing. Terkesan regulasi tersebut disponsori oleh pihak swasta asing. Ini berpotensi membahayakan keamanan negara dan melecehkan eksistensi para ahli dalam negeri.

Saya beryakinan, putra-putri Indonesia mampu bikin perangkat/sistem kontrol tersebut dengan biaya relatif murah dan cepat. Jadi harusnya tidak perlu melibatkan sponsor apalagi vendor asing tersebut berkaitan langsung dengan bisnis/ industri ponsel/ gadget. Mudah-mudahan sponsorship tersebut tidak bermuatan politik bilateral.

Harapan saya, sebelum regulasi tersebut disahkan, sebaiknya disempurnakan secara cerdas dan berkemanfaatan tanpa merendahkan martabat bangsa Indonesia. Karena masih banyak celah yang bisa dimainkan oleh oknum, seperti pat-gulipat pangkas nilai pajak impor, permainan IMEI bodong, dan sebagainya.

Demikian kegundahan saya. Mohon maaf dan terima kasih.

S Teguh

Taman Holis IndahBlok B1-18

Kelurahan Cigondewah Kidul

Kecamatan Bandung Kulon

Kota Bandung

Bagikan: