Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Umumnya cerah, 20.5 ° C

Audit Instalasi Listrik Bangunan-bangunan Pasar

Surat Pembaca
ILUSTRASI kebakaran.*/Ist
ILUSTRASI kebakaran.*/Ist

SEDIKITNYA lima pasar tradisional di Kota Bandung terbakar dalam setahun terakhir ini. Kelimanya adalah Pasar Ujungberung, Pasar Kosambi, Pasar Gedebage, Pasar Kiaracondong, dan Pasar Sederhana. Kebakaran yang menimpa pasar-pasar tradisional  dampaknya sangat terasa bagi pedagang-pedagang kecil yang menempatinya. Mereka tidak bisa berjualan lagi dalam jangka waktu  lama, sebelum pasar direnovasi atau dibangun kembali.

Kebakaran yang menimpa pasar-pasar tradisional sebagian besar bersumber dari listrik, melalui pola korsleting atau hubung pendek arus listrik, yang masyarakat sering menyebutnya arus pendek. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Pasar-pasar tradisional yang rata-rata berusia di atas sepuluh tahun, bahkan ada yang sudah puluhan tahun, bisa dipastikan kondisi instalasi listriknya rapuh, mengalami penuaan akibat pemakaian. Bukan hal yang aneh, apabila kita cermati, pemasangan dan penyambungan kabel-kabel listrik di pasar-pasar tradisional semrawut dan sekenanya saja. Pemasangnya kebanyakan adalah para pedagang sendiri, yang sangat tidak memahami standar keamanan dalam pemasangan instalasi listrik. Prinsip mereka, yang penting nyambung dan lampu bisa menyala, atau colokan (stop kontak) berfungsi.

Para pedagang tidak paham dan tidak sadar terhadap potensi kebakaran yang bersumber dari pemasangan instalasi  listrik  sembarangan.

Oleh karena itu, pemerintah daerah, pihak pengelola pasar, PLN, maupun pihak-pihak terkait lainnya, harus mulai peduli, meningkatkan kontrol dan pengawasan terhadap pemanfaatan listrik di pasar-pasar tradisional. Asal colok, asal sambung, adalah kebiasaan yang paling sering dilakukan oleh para pedagang ketika mereka membutuhkan sumber listrik.

Guna mencegah hal-hal yang tidak dikehendaki terjadi secara berlanjut dan menimpa pasar-pasar tradisional lainnya, sudah saatnya pula PLN melakukan audit instalasi listrik pada bangunan-bangunan pasar tradisional yang ada sekarang ini.

Penuaan instalasi listrik bisa terjadi karena berbagai hal, terutama karena pembebanan yang berlebihan, pemasangan atau penyambungan yang asal-asalan, tanpa mengindahkan standar keamanan dan pengamanan yang telah ditentukan oleh PLN atau pihak-pihak yang berkompeten lainnya.

Apalagi, saat ini sudah memasuki musim kemarau. Potensi kebakaran sangat besar, dan sumber air sudah sangat sulit didapat, yang bisa berakibat fatal pada harta benda maupun keselamatan jiwa.

Budi Sartono Soetiardjo

Graha Bukit Raya I

Blok F5/19Desa Cilame

Kecamatan Ngamprah

Kabupaten Bandung Barat

 

        

Bagikan: