Pikiran Rakyat
USD Jual 14.289,00 Beli 14.191,00 | Langit umumnya cerah, 23 ° C

Ingin Mendirikan Pesantren di Pedalaman Kabupaten Bandung

Surat Pembaca
ILUSTRASI/ DOK. PIKIRAN RAKYAT
ILUSTRASI/ DOK. PIKIRAN RAKYAT

Assalamualaikum  wr wb.

ALHAMDULILLAH, puji syukur hanyalah milik Allah swt. Salawat dan salam senantiasa kita sampaikan kepada Rasulullah saw. Semoga kita semua termasuk ke dalam golongannya hingga akhir zaman. Amin.

Saya adalah istri dari Bapak Khumaedi Abdilah, SpdI yang pada bulan November 2018 pernah mengirim sepucuk surat pembaca ke HU Pikiran Rakyat. Nama saya Hani Ropikoh, SpdI. Saya ucapkan terima kasih pada Pikiran Rakyat yang telah menerbitkan surat kami waktu lalu. Saat itu, kami belum mempunyai apa pun untuk dibangun pondok pesantren. Namun, Alhamdulillah, sekarang kami telah memiliki lahan hunian sekitar 18 tumbak untuk pembangunan sarana dan pusat kegiatan Shelter Patriot Nusa, sinergi dengan kegiatan kepesantrenan atas nama Yayasan Dharma Bhakti Nusantara Pacet.

Alhamdulillah, November 2018 terkumpul dana untuk menggarap fondasi bangunan. Dalam waktu sekitar sembilan hari, fondasi pun telah dikerjakan. Berhubung dana tak cukup untuk fondasi, penggarapan pembangunan pun terpaksa dihentikan. Setelah dihitung, kami punya tunggakan pasir satu truk dan upah pekerja yang hanya bisa dibayar sebagian.

Ada sisi saleh yang terlihat saat itu, pekerja tidak marah atau protes, tetapi senantiasa menyemangati kami untuk selalu ikhtiar dan tawakal pada Allah. Terlintas dalam pikiran kami untuk menjual barang-barang yang ada guna membayar utang upah pekerja tersebut. Karena kami takut dengan utang jika tidak segera dilunasi dan menggantung sampai akhirat. Na’udzubillahimin dzalik. Pun kami sangat memikirkan keringat pekerja yang belum terbayarkan, mengingat mereka mempunyai keluarga yang harus dinafkahi. Namun, rekan-rekan seperjuangan juga tidak tinggal diam, mereka membantu semampunya. Sampai pada bulan Februari, utang upah pekerja dan satu truk pasir telah lunas, dengan dicicil sedikit demi sedikit sejak akhir November 2018, dan bersih lunas Februari 2019.

Selanjutnya, di bulan Ramadan yang mulia, kami memohon doa dan dukungannya, supaya kami bisa melanjutkan pembangunan ini. Karena sejak November tahun lalu ketika kami belum punya apa-apa, berkat doa dan dukungan para pembaca Pikiran Rakyat khususnya, kami bisa memulai pembangunan ini dari nol. Kami berharap bisa mendirikan Pesantren Tahfidz Quran Gratis bagi masyarakat miskin, untuk mendampingi pendidikan formal yang telah ada. Ya, upaya membangun ketaatan masyarakat miskin di perdesaan-- kerap terabaikan. Mereka sangat memerlukan fasilitas pendidikan yang bisa diakses bagi anak-anaknya, tanpa khawatir dengan besarnya biaya pendidikan. Semoga ini adalah bagian dari rencana-Nya.

Mudah-mudahan kita semua dipilih-Nya menjadi jalan untuk mewujudkan rencana-Nya. Insya Allah.

Untuk itu, melalui Surat Pembaca ini, kami mencoba menawarkan kepada siapa pun yang ingin ikut serta berjuang menegakkan agama Allah, dengan cara berbagi hartanya yang memang berhak untuk dibersihkan, sehingga ketika kelak di yaumil akhir saat hisab semua dilancarkan oleh Allah swt. Aamiin.

Doa dan bantuan dari pembaca merupakan dukungan yang sangat besar bagi kami yang sedang merintis yayasan ini dari nol. Kami berharap agar Bapak/Ibu para pembaca Harian Umum Pikiran Rakyat yang diberi kelapangan rezeki oleh Allah swt, berkenan membelanjakan sebagian hartanya di jalan Allah. Semoga Allah memudahkan dan memberi keberkahan kepada keluarga Bapak/Ibu serta pahala yang tiada terputus atas amalan ini.

Kami juga berterima kasih kepada Redaksi Harian Umum Pikiran Rakyat, atas dimuatnya surat pembaca ini. Semoga menjadi amal saleh dan merupakan bukti kepedulian media ini kepada masyarakat duafa. Jazakumullohu khoiron katsiro.

Wassalamualaikum wr wb.

Hani Ropikoh, SpdI

Kampung Leubak Muncang

RT 9 RW 3 Desa Mandala Haji

Kecamatan Pacet

Kabupaten Bandung 40385

Telf 085624227670

Bagikan: