Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Langit umumnya cerah, 16.3 ° C

Sistem Online Banking Bank OCBC NISP Bocor?

Surat Pembaca
ILUSTRASI .*/ DOK. PIKIRAN RAKYAT
ILUSTRASI .*/ DOK. PIKIRAN RAKYAT

SAYA adalah salah seorang nasabah Bank OCBC NISP Cabang Asia-Afrika sejak tahun 2004. Bersama ini saya hendak menyampaikan penipuan online oleh seseorang yang mengaku petugas OCBC NISP.

Pada tanggal 29 Maret 2019, pukul 16.51, saya dihubungi seseorang dengan nomor telefon +628222666422, yang mengaku sebagai petugas bank yang ingin menginformasikan perubahan tarif SMS banking. Jika saya menolak perubahan tarif tersebut, saya diharuskan memberitahukan kode OTP yang dikirimkan oleh pihak bank, yang sebelumnya memang saya terima dari pihak Bank OCBC NISP.

Karena saya tidak mau ada perubahan tarif dan orang tersebut memaksa, akhirnya saya beritahukan kode tersebut. Saya pun kemudian  baru tersadar bahwa saya sudah kena tipu. Uang sebesar Rp 20 juta (dalam bentuk deposito) hilang.  

Keesokan harinya, orang itu mengambil lagi sisa saldo sebesar Rp 100.000 tanpa meminta kode lagi kepada saya. Setelah saya sampaikan ke call centre bank yang bersangkutan dan memproses beberapa hari (bahkan saya diminta untuk lapor ke kepolisian), akhirnya mereka hanya menyampaikan permintaan maaf. Padahal, sebelumnya Customer Service OCBC NISP Cabang Asia Afrika-Bandung memberitahukan bahwa biasanya untuk kasus seperti ini, pihak bank akan mengembalikan uang nasabah.

Dikarenakan kebocoran sistem perbankan online di OCBC NISP ini, saya menderita kerugian materi dan tanpa mendapatkan ganti rugi dari pihak bank. Oleh karena itu, saya mengimbau seluruh nasabah agar berhati-hati.

Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih kepada Pikiran Rakyat yang sudah memuat laporan ini. Semoga bisa bermanfaat.

 

Nurlaela Sari

Perum Pondok Asri Pangauban

No 4 RT 1 RW 5

Desa Pangauban

Kecamatan Katapang

Kabupaten Bandung

Bagikan: