Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Sebagian cerah, 28.1 ° C

Usul untuk  Kapolda Jabar

Surat Pembaca
Ilustrasi.*/DOK. PR
Ilustrasi.*/DOK. PR

DI zaman serba-nyicil sekarang ini, pemakai/pemilik sepeda motor sudah merambah masuk ke perdesaan. Ini terjadi karena hanya dalam waktu beberapa jam saja pembeli bisa langsung pulang membawa motor. Pola pemilikan sepeda motor seperti ini sangat membantu bagi rakyat kecil yang tinggal jauh di perdesaan. Dalam keadaan darurat, tengah malam, mereka bisa langsung membawa saudara atau kerabatnya ke kota untuk mendapatkan perawatan apabila sakit misalnya. 
Masalahnya adalah bagaimana perlindungan pemerintah terhadap mereka, para pengguna mobil/sepeda motor dari segi hukum. Bahwa mereka yang mengendarai mobil/sepeda motor wajib memiliki SIM. Akan tetapi, di sisi lain, biaya untuk pembuatan SIM ongkosnya sangat memberatkan masyarakat kecil. Sebagai contoh di Karawang, untuk pembuatan SIM biayanya Rp 700.000 - Rp 800.000 kalau terima beres. 
Untuk itu, pada kesempatan ini, saya mengusulkan kepada Bapak Kapolda Jabar agar ongkos resmi pembuatan SIM diperkecil, supaya semua pemakai mobil/sepeda motor taat hukum dengan memiliki SIM. Akibat pembuatan SIM yang sangat mahal, sudah beberapa bulan ini loket pembuatan SIM di Polres Karawang sepi peminat. Padahal, bisa dicek ke setiap dealer sepeda motor di Karawang, berapa puluh sepeda motor yang terjual setiap hari. Ini artinya, pelanggaran hukum terjadi setiap hari di Karawang.

H Unang Djuanda
Jalan Kertabumi RT 18 RW 20 
Kelurahan Karawang Kulon 
Kecamatan Karawang Barat
Kabupaten Karawang

Bagikan: