Pikiran Rakyat
USD Jual 14.235,00 Beli 13.935,00 | Berawan, 20.6 ° C

Waspadai Bencana Selama Musim Hujan

DAERAH Bandung dan sekitarnya sudah musim penghujan. Hal ini terlihat dari curah hujan tinggi yang terjadi akhir-akhir ini. Biasanya hujan ini terjadi pada waktu sore hingga malam, antara pukul 15.00 hingga pukul 19.00. Oleh karena itu, masyarakat Bandung dan sekitarnya wajib waspada terhadap bencana yang sering terjadi ketika curah hujan tinggi.

Bencana yang patut diwaspadai ini di antaranya banjir, pohon tumbang, dan longsor. Banjir biasa terjadi akibat dari kurangnya kesadaran masyarakat pada lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan. Hal ini juga ditambah dengan kurang baiknya pengelolaan drainase oleh pemda sendiri.

Pohon tumbang juga terjadi akibat tergerusnya tanah oleh air yang disertai dengan angin kencang. Sementara longsor terjadi akibat tanah yang awalnya kering berubah menjadi basah karena terkena volume air yang tinggi sehingga terjadi pergerakan tanah.

Saya harap pemda dan masyarakat bisa lebih waspada terhadap bencana-bencana tersebut. Beberapa cara di antaranya adalah dengan selalu mengecek saluran air, melakukan ronda malam, terutama ketika terjadi hujan deras, dan selalu menjaga lingkungan dengan baik.

 

Atep Yanyan Saepul Romdon

Jalan Lapang Bola Ciawi

No 13 RT 3 RW 14 Desa Cikeruh

Kecamatan Jatinangor

Kabupaten Sumedang

Bagikan: