Pikiran Rakyat
USD Jual 14.210,00 Beli 13.910,00 | Berawan, 20 ° C

Tetap Waspada Saat di Angkutan Umum

SEMPAT ramai video rekaman aksi penggagalan pencopetan pada Minggu (18/11/2018) di angkot jurusan Margahayu-Ledeng di media sosial Instagram. Dalam rekaman yang diunggah oleh akun @infobandungraya, menampilkan komplotan pencopet yang berjumlah empat orang pria dewasa sedang melakukan percobaan aksi pencopetan kepada seorang ibu berkerudung abu.

Dalam video tersebut diperlihatkan bahwa komplotan tersebut melakukan berbagai aksi untuk mengecoh perhatian korbannya. Dimulai dengan ibu tersebut sengaja diposisikan duduknya terimpit oleh kedua orang pelaku. Kemudian salah satu pelaku yang duduk di samping sang ibu berpura-pura terjatuh dan susah untuk bangun, lalu dibantu langsung oleh kedua temannya agar penumpang lainnya tak bisa melihat bahwa saat itu juga pelaku yang duduk di sebelah ibu tersebut sedang melakukan aksi kriminal.

Syukurlah, aksi kriminal tersebut diketahui oleh salah satu penumpang yang sudah curiga dari awal dan memvideokan aksi tersebut. Pelaku yang sedang melakukan aksi kriminal itu langsung ditegur agar tangannya menjauh dari tas korban. Tak lama setelah teguran tersebut, dua orang pelaku yang berpura-pura jatuh dan rekannya turun dari angkot disusul dengan dua orang pelaku lain yang turun tak jauh dari situ. Pada saat pelaku turun, sopir angkot langsung memacu gas kendaraannya. Padahal penumpang lain masih menanyakan apakah ada barang yang hilang kepada ibu tersebut supaya masih dapat terkejar para pelaku jikalau ada kehilangan.

Pada kolom komentar ungguhan video tersebut, tak sedikit warga Bandung yang menceritakan kejadian serupa yang dialaminya. Pelaku dan motif masih sama. Namun, hanya beda jurusan angkotnya. Kejadian seperti ini dapat membuat trauma kepada korban dan tentunya memperburuk citra angkot. Dikhawatirkan tidak akan ada lagi warga Bandung yang ingin naik angkot karena takut kejadian serupa menimpa mereka.

Kepada pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan, mohon sebisa mungkin untuk cepat menindak tegas pelaku kriminal yang beroperasi di angkutan umum dan sopir yang diduga bekerja sama dengan para pelaku. Tetap berhati-hati dan jangan lengah pada saat di angkutan umum.

 

Ghina Amelia

Dusun Wanaya RT 3 RW 1

Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari

Kabupaten Ciamis 46383

Bagikan: