Pikiran Rakyat
USD Jual 14.223,00 Beli 13.923,00 | Sebagian berawan, 20.4 ° C

Jangan Ada Korban yang Lain

SEKITAR seminggu lalu yakni pada Senin, 12 November 2018, saya melakukan transaksi online. Saya membeli satu kemeja panjang dan satu celana bagy pants dari salah satu olshop di Instagram. Nama olshop-nya yaitu @Beautyshouseid. Di profil Instagram tersebut tertulis bahwa dia berasal dari daerah Bandung.

Hari itu juga saya membayarnya dengan jumlah Rp140.000. Pada 14 November, saya chat admin dengan meminta nomor resi, karena pada saat saya transfer dia menjanjikan akan mengirim nomor resi setelah dua hari pengiriman, tetapi admin tersebut hanya membaca chat-nya. Setelah beberapa jam saya tunggu, dia membalas, ”tunggu ya kak”. Besoknya saya chat lagi dan lagi tetapi hasilnya tetap sama yaitu dibaca saja.

Sampai Minggu, 18 November, saya chat juga dengan sedikit mengancam. Akan tetapi, setelah saya lihat, nomor tersebut tiba-tiba memblokir nomor Whatsapp saya. Saya bingung, kenapa dia sampai memblokir, padahal tindakan saya benar, cuma mau minta kejelasan.

Dari situ saya berpikir kalau olshop ini tidak benar, karena dilihat dari profilnya, barang berasal dari Bandung dan akan dikirim ke alamat saya di Bandung pula. Kalau memang dia belum ngirim, kenapa tidak jujur saja? Saya juga bisa mengerti dan kalau memang kesalahan atau keterlambatan dari pihak jasa pengiriman, kenapa dia tidak mau mengirimkan nomor resinya.

Saya mencoba minta tolong teman untuk menanyakan kepada admin tersebut, kenapa saya sampai diblokir. Namun, admin tersebut memblokir teman saya juga.

Salah satu teman saya menyarankan untuk lapor ke salah satu akun Instagram yaitu @indonesiablaklist. Ternyata saya lihat posting-an dari @indonesiablaklist bahwa akun itu memang sering kali melakukan penipuan dengan modus beberapa nomor rekening berbeda.

Saya tidak masalah kalau uang saya tidak kembali. Namun, saya harap tidak ada lagi korban yang lain setelah saya.

Mudah-mudahan dengan adanya surat pembaca ini, dia bisa jera. Saya mohon kepada pemerintah untuk bisa menindaklanjutinya agar tidak ada lagi akun-akun olshop abal-abal.

 

Isma Lukita Novyantini

Jalan Desa Cipadung

No 23B RT 2 RW 8

Kelurahan Cipadung

Kecamatan Cibiru

Kota Bandung 40614

Bagikan: