Pikiran Rakyat
USD Jual 14.538,00 Beli 14.440,00 | Cerah berawan, 24.4 ° C

Bersatu untuk Menyelamatkan Rupiah

SEJARAH mencatat bangsa Indonesia sebagai bangsa pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan. Meski bersenjatakan keris dan bambu runcing, rakyat Indonesia tidak kemudian berkecil hati terlebih menyerah menghadapi kecanggihan senjata para penjajah. Sepertinya dalam setiap diri para pejuang telah terpatri sikap optimisme dan pantang menyerah menghadapi tantangan dan kemungkinan risiko yang akan diterima. Itulah karakter unggul para pejuang kemerdekaan tempo doeloe saat menghadapi ancaman para pejajah.

Alhamdulillah, sekarang bangsa Indonesia telah merdeka. Telah 73 tahun lebih bangsa ini menikmati manisnya buah kemerdekaan. Di mata dunia, Indonesia dipandang sebagai negara berdaulat dan terhormat. Hari ini hingga seterusnya, setiap kita pasti mempertaruhkan segalanya demi kejayaan bangsa dan kedaulatan negaranya.

Perjuangan merebut kemerdekaan telah berakhir. Tidak ada lagi perlawanan bersenjata melawan ancaman penjajahan. Akan tetapi, kemerdekaan telah melahirkan bentuk penjajahan baru yang telah begitu lama ada meski terkesan maya kita rasa.

Melemahnya mata uang rupiah merupakan ancaman nyata yang mau tidak mau harus menjadi perhatian setiap elemen bangsa. Melemahnya mata uang rupiah akan berdampak pada kegiatan ekonomi masyarakat. Kenaikan harga, menurunnya daya beli, hingga terhambatnya pertumbuhan ekonomi merupakan ancaman nyata penjajahan zaman now. Setiap kita harus betul-betul menyadari bahwa perlawanan penjajahan adalah kewajiban setiap warga negara. Setiap kita dibebani kewajiban bela negara dalam mempertahankan kedaulatan bangsanya. Penurunan nilai rupiah adalah ancaman serius bagi kedaulatan ekonomi kita.

Maka jangan ada lagi anggapan bahwa kita tidak berkontribusi pada melemahnya nilai mata uang rupiah. Jangan ada lagi sikap saling menyalahkan tanpa disertai solusi nyata dalam mengubah keadaan. Setiap kita terikat dengan mata uang rupiah. Setiap kita membutuhkan mata uang rupiah. Setiap kita berkewajiban menjaga kedaulatan nilai mata uang rupiahnya.

 

Septiardi Prasetyo

Kompleks Pasanggrahan Indah

Blok 5 Nomor 2 Kelurahan Pasanggrahan

Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung

Bagikan: