Pikiran Rakyat
USD Jual 14.603,00 Beli 14.505,00 | Berawan, 24.5 ° C

Gempa Berkelanjutan, Apa Solusi Penguasa?

DIKABARKAN telah terjadi kembali gempa di wilayah Lombok dan sekitar Bali (Jumat, 31/8/2018) pukul 10.37 WITA, berkekuatan 5,1 skala ritcher. Ini adalah gempa yang terjadi kesekian kalinya.

Yang membuat miris saat ini pemerintah masih belum menanggulangi masalah ini secara serius. Pasalnya, masih banyak daerah pelosok, seperti Kecamatan Bayan yang sama sekali belum tersentuh bantuan sedikit pun. Jangankan bantuan logistik, air pun sulit mereka dapatkan. Lalu dimana posisi pemerintah saat ini? Bukankah tugas pemerintah adalah mengayomi rakyatnya, memberikan keadilan serta kesejahteraan? Jelas ini diragukan kebenarannya.

Seperti info yang saya dapatkan, pemerintah akan memberikan dana bantuan sebesar Rp50 juta untuk setiap kepala keluarga yang rumahnya mengalami kerusakan parah dan akan dibagi menjadi lima tahap. Seperti tahap pertama, untuk membeli peralatan, modal kerja, dan memperbaiki rumah. Tahap kedua akan diberikan setelah verifikasi rampung untuk pondasi rumah dan tahap-tahap selanjutnya akan menyusul. Saya kira ini solusi yang tidak tepat dan terlalu banyak proses dan banyak memakan waktu. Sementara kondisi korban gempa saat ini membutuhkan penanganan secepatnya.

Fakta di atas semakin menggambarkan abainya pemerintah dalam menjalankan tugasnya dan kurang tanggap dalam menghadapi masalah rakyat dan terkesan enggan mengurusinya. Sementara dalam Islam, sudah menjadi kewajiban seorang pemimpin mengurusi urusan rakyatnya dalam berbagai aspek kehidupan di dalamnya, seperti memberikan keamanan dan pelayanan semaksimal mungkin untuk rakyat. Seorang pemimpin juga menjadi perisai bagi rakyatnya yang dapat melindungi dari berbagai serangan luar atau dalam yang mengancam keamanan rakyat. Sosok pemimpin seperti ini hanya bisa kita dapatkan dalam sistem Islam yang di dalamnya terdapat seperangkat aturan Allah yang dengannya rakyat bukan hanya dilindungi tetapi juga dijamin harta dan jiwanya.

 

Wike Wijayanti

Rancabentang RT 4 RW 13

Cibeureum, Cimahi Selatan

Kota Cimahi

Bagikan: