Pikiran Rakyat
USD Jual 14.413,00 Beli 14.315,00 | Sebagian cerah, 28.8 ° C

Pencetakan Wirausahawan vs Kenaikan Gaji PNS

ASSALAMUALAIKUM wr wb.

Agak sulit dimengerti arah kebijakan dan keseriusan pemerintah kita dalam program pencetakan wirausahawan baru di negeri ini. Alih-alih menciptakan iklim kondusif dan menambah/meningkatkan kemudahan munculnya wirausahawan baru, malah memunculkan berita sensasional yaitu ”Kenaikan Gaji PNS”.

Hal ini diperparah lagi dengan peran media cetak, termasuk ”PR”, 18 Agustus 2018, yang menempatkan berita ini di halaman 1 yang hanya sedikit kalah gengsi dengan keberhasilan Timnas kita mengalahkan Laos di Arena Asian Games.

Lengkaplah sudah ”manis madunya” lapangan kerja yang satu ini (PNS/ASN) dan menjadi mimpi generasi muda kita sehingga tidak heran apabila banyak orang yang ”berani berkorban” demi untuk mendapatkannya. Sementara di sisi lain, saudara-saudara kita yang sedang berjuang di sektor informal hampir setiap hari ditakut-takuti oleh berbagai peraturan, baik yang resmi maupun yang tidak resmi/premanisme, dalam menjalankan usahanya. Padahal mereka tidak pernah meminta pelatihan, modal usaha, dan fasilitas-fasilitas lainnya (apalagi gaji ke-13, THR ataupun Dana Pensiun) dari pemerintah/negara.

Mengingat keputusan tentang peningkatan fasilitas/kesejahteraan PNS hanya untuk konsumsi kalangan terbatas saja, mohon agar pemberitahuannya pun tidak harus menjadi berita utama di media massa. Setahu saya ada media informasi di kalangan PNS dan itu dapat digunakan untuk memublikasikannya.

Semoga informasi (yang sudah terlanjur) tentang peningkatan kesejahteraan PNS ini tidak menyurutkan semangat para generasi muda untuk menjadi wirausahawan muda.

Terima kasih kepada ”PR” atas dimuatnya surat ini.

Wa'alaikumsalaam wr wb.

 

Deni Purwadi

Jalan Sedap Malam III No 6

Rancaekek Kencana, Rancaekek

Kabupaten Bandung

Bagikan: