Pikiran Rakyat
USD Jual 14.558,00 Beli 14.460,00 | Badai petir, 22.1 ° C

Berharap Solusi, Bukan Sekadar Naik Gaji

BERITA tentang kenaikan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) menuai harapan sekaligus pertanyaan. Harapan jika kenaikan gaji tersebut akan berbanding lurus dengan kenaikan kinerja dan pelayanan publik. Menjadikan mereka sebagai abdi negara yang semakin profesional dan dinamis dalam menghadapi perubahan dan tantangan di masyarakat. Tidak sekadar datang ke kantor lalu duduk di belakang meja dan mengerjakan bertumpuk-tumpuk laporan yang tidak ada kaitannya dengan solusi permasalahan masyarakat.

Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah jika tahun ini negara menaikkan gaji ASN lalu bagaimana dengan kenaikkan gaji non ASN atau pegawai swasta seperti saya. Mungkin bisa kita maklumi bersama jika setiap perusahaan memiliki kemampuan yang berbeda dalam menggaji karyawannya. Akan tetapi, yang jadi pertanyaan berikutnya adalah banyak dari pegawai swasta yang tidak memperoleh hak yang semestinya.

Misal, adik saya bekerja di salah satu hotel di pusat Kota Bandung. Hotel tersebut bukan hotel bintang lima tetapi karyawannya mendapatkan gaji yang telah sesuai dengan UMR dan memperoleh BPJS Ketenagakerjaan. Meskipun baru bekerja beberapa bulan, tetapi hak-hak tersebut sudah diperoleh secara penuh.

Akan tetapi, berbeda dengan tempat saya bekerja. Rekan-rekan saya yang jumlahnya ribuan orang di seluruh Indonesia, tidak ada satu pun yang memperoleh BPJS Ketenagakerjaan seperti yang adik saya terima. Yang menjadi pertanyaan, adakah perhatian dari pemerintah daerah atau pemerintah pusat melalui aparatur sipilnya yang peka dengan kondisi tersebut. Bahwa hak adalah hak, tidak boleh diabaikan terlebih ditiadakan.

Begitu pun tentang jam kerja, kami bekerja delapan jam sehari dari Senin sampai Kamis. Sementara Jumat dan Sabtu masing-masing tujuh jam kerja. Jika ada kelebihan jam maka tidak diperkenankan lembur karena kami dipaksa untuk mengambil jam istirahat lebih. di zaman seperti ini, memaksa pekerjanya bekerja melebihi jam kerjanya tanpa dibayar adalah hal yang sungguh tidak pantas dan harus segera dibenahi. Saya mempertanyakan di manakah peran aparatur negara yang bertugas menghentikan kezaliman ini.

Saya setuju dengan kenaikan gaji ASN tahun ini. Akan tetapi, kami menuntut solusi pada aparatur sipil negara yang terkait dengan permasalahan hak ketenagakerjaan seperti yang saya alami. Semoga kenaikan gaji ASN akan sebanding dengan peran mereka dalam memberikan solusi dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Septiardi Prasetyo

Kompleks Pasanggrahan Indah

Blok 5 Nomor 2 Kelurahan Pasanggrahan

Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung

Bagikan: