Pikiran Rakyat
USD Jual 14.538,00 Beli 14.440,00 | Cerah berawan, 25.6 ° C

Minimnya Lampu Lalu Lintas di Cimahi

BERDASARKAN data sensus penduduk tahun 2014, Kota Cimahi memiliki penduduk sebanyak 561.386 jiwa. Hal itu memengaruhi tingginya mobilitas setiap harinya. Banyak warga Cimahi yang menggunakan kendaraan bermotor sebagai angkutan untuk menuju ke tempat tujuan. Namun sayangnya, pemerintah belum menyiapkan sarana lampu lalu lintas yang memadai. Padahal, lampu lalu lintas berguna untuk menjaga kelancaran lalu lintas.

Di beberapa sisi jalan, terdapat lampu lalu lintas yang hanya mengeluarkan warna oranye. Contohnya, di persimpangan Cihanjuang. Persimpangan ini menjadi salah satu tempat dimana sering terjadi kepadatan karena merupakan titik pertemuan arus dari daerah Cihanjuang, Padalarang, dan pusat Kota Cimahi. Namun, lampu oranye yang terpasang di daerah tersebut tidak membantu, karena seperti yang kita tahu, lampu oranye hanya berfungsi untuk menginstruksikan pengendara agar berhati-hati, bukan untuk mengatur laju jalan atau berhentinya kendaraan yang melintas.

Di beberapa persimpangan lainnya, lampu lalu lintas hanya menjadi pajangan karena tidak beroperasi, alias mati. Contohnya di persimpangan Alun-Alun Kota Cimahi, yang masih terhitung sebagai pusat kota. Persimpangan di daerah ini tentunya padat, terutama pada jam berangkat dan pulang kantor karena merupakan titik pertemuan arus dari daerah Padalarang, Bandung, dan Lembang. Namun, pada kenyataannya, lampu lalu lintas yang dipasang sama sekali tidak berfungsi, sehingga tidak membantu untuk menguraikan kepadatan yang terjadi.

Oleh karena itu, kami meminta dinas terkait dan Pemkot Cimahi untuk segera menambah jumlah lampu lalu lintas dengan warna yang lengkap (merah, oranye, hijau) dan memperbaiki beberapa lampu lalu lintas yang mati. Kami berharap respons dan tindakan secepatnya dilakukan demi kenyamanan para pengguna jalan.

Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan. Terima kasih banyak kepada Redaksi Pikiran Rakyat atas dimuatnya tulisan ini dalam Surat Pembaca.

 

Christy Emerald

SMA Trinitas, X-4/4

Jalan Kota Mas VII No 59

Kota Cimahi

Bagikan: