Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Hujan singkat, 21.1 ° C

Pemimpin yang Dirindukan Umat

DUEL pilpres akan segera dimulai. Setiap pasangan telah mendaftarkan diri ke KPU. Para calon pemimpin pun telah memberitahukan kepada masyarakat apa tujuan mereka dalam memimpin negara ini. Keduanya sama-sama ingin negara ini lebih maju.

Salah satu capres memilh menggaet ulama, sedangkan capres lain lebih memilih dari kalangan pengusaha muda. Masyarakat cukup terkejut dengan keputusan ini. Sementara di wilayah Indonesia bagian tengah, tepatnya di Lombok NTB, masyarakat sedang berduka akibat gempa yang mengguncang wilayah mereka dalam tiga pekan terakhir ini.

Banyak korban berjatuhan, mulai dari yang kehilangan harta benda, bahkan ada juga korban yang mengalami luka, baik ringan maupun berat, dan tak sedikit yang meninggal dunia akibat bencana ini. Sungguh ironi memang, di saat rakyat sedang menderita berharap bantuan dari pemerintah, tetapi apa yang mereka dapat? Pemerintah hanya sibuk memikirkan kepentingan mereka sendiri. Beberapa dari warga ada yang nekad melakukan penjarahan hanya karena ingin mendapatkan keadilan, karena selama dalam pengungsian ada warga yang belum mendapatkan bantuan sama sekali. Apakah pemerintah seperti ini yang dirindukan umat/masyarakat?

Pada prinsipnya, menurut Islam, setaip orang adalah pemimpin. Fungsi dan peranan manusia di muka bumi ini sebagai khalifatullah yang diberi tugas beribadah kepada-Nya. Tentu kita semua berharap agar negeri ini dipimpin oleh pemimpin yang mampu menjalankan amanatnya.

Islam sendiri telah memberi petunjuk-petunjuk jelas bagaimana cara memilih pemimpin, baik melalui ayat-ayat di Alquran maupun di hadist-hadist Rasululloh saw. Pertama: beragama Islam, kedua laki-laki, ketiga dewasa (balig), keempat adil, kelima amanah dan mempunyai ilmu/pengetahuan di bidangnya, keenam sehat fisik dan mental. Jadi mencari dan memilih pemimpin bukan sekadar beragama Islam tetapi juga memenuhi syarat-syarat di atas.

Dengan demikian, umat atau masyarakat saat ini sangat merindukan pemimpin yang sederhana, jujur, adil, amanah, dan rela menderita demi kesejahteraan rakyatnya. Wallahu alam bi ash shawab.

 

Rusmiyanti

Kampung Bojong Cijerah

RT 5 RW 13 Dayeuhkolot

Kabupaten Bandung

Bagikan: