Pikiran Rakyat
USD Jual 14.603,00 Beli 14.505,00 | Berawan, 24.5 ° C

Pilihan di Tangan Kita

AKHIRNYA, dinamika politik penentuan siapa capres dan cawapres selesai juga. Hal ini cukup menyita pikiran dan emosi rakyat Indonesia. Menunjukkan atensi besar rakyat yang ingin memiliki pemimpin yang mampu membawa Indonesia menuju perubahan yang lebih baik.

Pilihan memang di tangan kita. Alangkah bijak jika kita memperhatikan dua hal sebelum memilih, yakni sosok pemimpin dan sistem kepemimpinan.

Pertama, mengenai sosok pemimpin. Islam memberikan panduan yang jelas. Beberapa syarat di antaranya adalah seorang muslim, laki-laki, balig, berakal, adil, dan merdeka. Beberapa karakter lain diutamakan adalah berkepribadian kuat, bertakwa, dan memiliki welas asih.

Masyarakat harus cerdas dan kritis. Perlu kita menelisik latar belakang setiap calon, juga track record-nya. Seperti apa komitmen terhadap kedaulatan negara, apa solusi-solusi jitu atas permasalahan negeri. Meski kadang, pencitraan di media terlalu kuat sehingga agak sulit mengetahui gambaran asli sosok calon pemimpin.

Kedua, perihal sistem kepemimpinan. Sistem yang digunakan sosok pemimpin dalam menjalankan amanahnya tak bisa disepelekan. Melihat sejarah, pemimpin Indonesia sudab berulang kali berganti, dengan latar belakang yang berbeda-beda tetapi masalah sistemik di negeri ini tak kunjung usai. Bahkan, setiap rezim menyisakan beban masalah bagi rezim berikutnya. Ini dikarenakan, meski sosok pemimpinnya berubah, sistem kepemimpinan yang digunakan tetaplah sama, yakni sitem kapitalisme-sekular-liberal. Tampak misalnya pada kebijakan ekonomi. Siapa pun presidennya, sangat sulit melakukan penguasaan terhadap aset dan SDA alam, karena terbentur sistem yang memosisikan negara hanya sebagai regulator.

Dua hal tadi alangkah bijaknya kita perhatikan karena pilihan ada di tangan kita. Kekuasaan di tangan rakyat. Bukan hanya berhak menentukan siapa pemimpin, tetapi juga berhak menuntut perubahan sistem yang lebih baik. Mengganti sistem kapitalisme-liberalisme.

Jangan sampai kita hanya terjebak dalam lubang yang sama. Tahun 2019 kita harapkan menjadi momentum perubahan. Perubahan yang lebih baik dalam sosok pemimpin serta sistem yang digunakannya. Pilihan di tangan kita.

Terima kasih kepada Redaksi ”PR yang berkenan memuat surat ini.

 

Idea Suciati

Puri Indah B5 No 5

Cikeruh, Jatinangor

Kabupaten Sumedang

Bagikan: