Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Sedikit awan, 21.8 ° C

Wakil Presiden 2019 Menjadi Pembeda

DISINYALIR pada kontestasi Pilpres/Wapres 2019, banyak masyarakat yang ambigu bahkan cenderung dilematis dan apatis, mengingat kandidat saat ini adalah yang bersaing di Pilpres 2014 yang lalu.

Kampiun dan pecundang melakukan rematch untuk merebut simpati rakyat kembali. Yang satu ingin mempertahankan gelar, yang satu lagi ingin merebutnya. Di sisi lain, selama empat tahun ini, rakyat telah menilai attitude/sikap dan behavior/kelakuan keduanya secara objektif, sebagai bahan pertimbangan untuk memilih atau tidak memilihnya kembali.

Presiden Republik Indonesia tidak cuma pemimpin pemerintahan, melainkan sebagai kepala negara. Alangkah tidak pantas seorang pemimpin negara mencitrakan dirinya tidak punya marwah, seperti berkemeja dengan lengan digulung, pakai kaos oblong, pakai sandal jepit, nyebur ke got dan sejenisnya, kecuali dia cuma bertindak sebagai eksekutif belaka. Merakyat tidak mesti berpenampilan melarat.

Saya merindukan sosok Presiden Republik Indonesia seperti Ir Soekarno, dengan uniform berbintang di dada sambil membawa tongkat komando. Penampilan seperti inilah figur kepala negara sejati yang membanggakan seluruh rakyatnya. Bahkan sampai saat ini pun fotonya masih dijadikan poster penghias ruangan dan lukisan-lukisan Bung Karno masih dipajang di galeri maupun di emperan-emperan toko.

Pada situasi saat ini maka figur wakil presiden dari kedua kubu menjadi pembeda. Barangkali nanti banyak masyarakat memilih presiden/wapres dengan lebih melihat siapa calon wapresnya, selain tentu saja siapa koalisi partai pengusungnya.

Konon kebanyakan rakyat Indonesia seleranya masih rendah dalam memilih pemimpinnya!? Untuk menepis hal tersebut, marilah kita memilih presiden dan wakil presiden nanti yang mampu memadukan kepiawaian sebagai eksekutif pemerintahan dan penampilannya berwibawa sebagai kepala negara.

 

Reygusta Cahya

Kompleks Cipta Pesona No A8

RT 4 RW 6 Kelurahan Cipamokolan

Kecamatan Rancasari, Kota Bandung

Bagikan: