Pikiran Rakyat
USD Jual 14.558,00 Beli 14.460,00 | Umumnya berawan, 24.6 ° C

Tingkatkan Efisiensi, Bukan Malah Membatasi

BELUM setahun yang lalu, ibu mertua teman saya menjalani operasi jantung yang menghabiskan biaya sekitar 175 juta rupiah. Alhamdulillah, terima kasih Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, tak satu rupiah pun biaya dikeluarkan.

Saya melihat langsung perbedaan kondisi sebelum operasi dan setelah operasi ibu mertua teman saya itu. Sangat jauh berbeda, terlihat bercahaya dan senyumnya seperti layaknya ibu muda yang baru memperoleh hadiah tak terduga.

Sungguh vital program BPJS Kesehatan dalam menolong masyarakat. Sungguh penting peran BPJS Kesehatan dalam memberikan harapan kepada mereka yang sedang berjuang untuk kembali sehat. Semoga program yang sangat bermanfaat ini dapat terus ada hingga seterusnya.

Permasalahan beberapa pembatasan yang diberlakukan BPJS Kesehatan harus diakui cukup meresahkan masyarakat. Banyak yang menduga bahwa mereka yang sedang mengidap penyakit berat tidak dapat lagi mendapatkan pelayanan melalui BPJS Kesehatan. Tidak dapat menggunakan BPJS Kesehatannya dalam melakukan pengobatan dan perawatan. Diharapkan pihak yang terkait dapat memberikan penjelasan dan klarifikasi secara jelas dan menyeluruh tentang permasalahan ini.

Sebagai masyarakat yang sangat membutuhkan pelayanan kesehatan tentu sangat mendukung efisiensi dan efektivitas program ini. Karena harus diakui bahwa terdapat alur pelayanan yang terkesan panjang yang berpotensi membengkaknya biaya pelayanan kesehatan. Misal, istri teman saya mengeluh sakit panas yang tidak kunjung sembuh. Lalu berobatlah ke puskesmas terdekat. Karena tidak sembuh juga maka datanglah lagi dia ke puskesmas. Kemudian puskesmas merujuk ke seorang dokter. Lalu dokter tersebut merujuk ke dokter spesialis. Sang dokter spesialis meminta istri teman saya itu untuk melakukan suatu tes di laboratorium. Lalu hasil tes diberikan kepada dokter spesialis. Dan akhirnya dokter spesialis itu meresepkan beberapa obat yang harus diminum selama beberapa bulan ke depan.

Mempersingkat alur pelayanan kesehatan diharapkan akan meningkatkan efisiensi pelayanan program BPJS kesehatan. Usaha ini sulit dilakukan tanpa regulasi yang tepat, pengawasan tenaga pelayanan kesehatan, dan evaluasi pelaksanaan di lapangan.

Kita berharap program yang sangat menolong ini tetap ada hingga seterusnya. Mampu meningkatkan pelayanan kesehatannya, bukan malah membatasi tanpa solusi. Semoga kekhawatiran masyarakat itu memperoleh jalan tengah terbaiknya.

 

Septiardi Prasetyo

Kompleks Pasanggrahan Indah

Blok 5 Nomor 2 Kelurahan Pasanggrahan

Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung

Bagikan: