Pikiran Rakyat
USD Jual 14.644,00 Beli 14.546,00 | Umumnya berawan, 25.3 ° C

Fasilitas Mewah Lapas Sukamiskin

ADANYA permainan dan perbedaan fasilitas di lembaga pemasyarakatan (lapas) mungkin terjadi di seluruh lapas di Indonesia. Akan tetapi, jangan langsung mencaci maki lembaga terkait karena itu pasti ulah segelintir oknum petugas dan terpidana. Urus manusia, apalagi manusia cerdik yang terpidana, bukan kerjaan mudah. Dan ingat, lapas bukan dimaksudkan untuk menyiksa terpidana. Jika KPK geram akan hal itu, saya bisa maklumi karena terpidana korupsi yang susah payah dijebloskan oleh KPK ke penjara ternyata malah hidup nyaman di penjara tanpa merasa jera.

Pada kesempatan ini, saya mencoba urun rembuk pemikiran, tanpa emosi tetapi pergunakan hati dan teknologi. Mengingat heterogennya (klasifikasi) terpidana, keterbatasan anggaran, dan sulitnya memprediksi jumlah calon terpidana maka lembaga terkait dituntut mampu kreatif/inovatif dengan manfaatkan kemajuan teknologi. Jika benar-benar ingin lapas yang super ketat, bisa pergunakan pengawasan dengan perangkat berteknologi canggih yang mampu membaca gerak-gerik, bahkan sampai membedakan ritme nafas manusia. Harganya sangat bervariasi, sesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan lapas terkait.

Saat ini penggunaan perangkat telekomunikasi sulit dibatasi, akan lebih baik justru dimanfaatkan guna ungkap jaringan kejahatan dari para terpidana terkait dengan melakukan penyadapan di sekitar lapas. Kemenkumham tidak perlu susah-susah pikirkan anggarannya, bisa bekerja sama dengan seluruh operator telekomunikasi atau lembaga yang memiliki izin lakukan penyadapan.

Bagaimana jika terpidana ingin melakukan sedikat perubahan ”suasana” sel tahanan? Itu tidak jadi soal, legalkan saja perubahan ”suasana” sel. Namun, pekerjaan perubahannya dilakukan oleh pihak lapas serta terpidana terkait dibebani biayanya, plus tambahan biaya untuk benahi minimum 5-10 sel lainnya. Intinya, mengingat negara belum mampu berikan fasilitas standard bagi terpidana maka lebih baik manfaatkan keinginan para terpidana menjadi fasilitas yang bermanfaat bagi seluruh terpidana lainnya dan negera.

Saya menyadari apa yang saya sampaikan pasti akan mengundang pro dan kontra, mengingat penjelasannya hanya bisa disampaikan secara sepotong-sepotong. Masih banyak yang ingin saya sampaikan guna mengeliminir permainan para oknum dan pembenahan lapas yang berkemanusiaan dan beradab. Namun, hal itu tidak mungkin saya paparkan detailnya pada kolom ini. Terima kasih.

 

S Teguh

Taman Holis Indah B-1 No 18

Kota Bandung

Bagikan: