Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Umumnya berawan, 21.6 ° C

PPDB Zonasi, Solusi atau Masalah?

ORANGTUA galau dalam mendaftarkan putra putrinya masuk sekolah? Pastilah!!! Karena ada beberapa masalah yang menjadi kendala dalam mendaftarkan anak-anak untuk sekolah. Salah satunya penerimaan siswa baru jenjang SMP dan SMA dilihat dari hasil nilai ujian anak yang nilainya bagus. Padahal, hakikatnya sebuah sekolah dibangun dengan tujuan untuk mencerdaskan. Akan tetapi, dengan adanya seleksi nilai, berarti keluar dari zona mencerdaskan. Soalnya hanya anak-anak pintar yang diterima di sekolah negeri. Lalu apa kabar dengan anak-anak yang nilai hasil ujiannya tidak sesuai atau kurang dari standar?

Lalu pemerintah memberi pilihan kebijakan lain dengan tujuan pemerataan dalam memililh sekolah dan tidak lagi ada istilah sekolah favorit. Yaitu dengan memberi pilihan zona jarak, dimana calon siswa yang tempat tinggalnya paling dekat dari sekolah bisa diterima tanpa dilihat nilai hasil ujiannya. Akan tetapi, itu juga tidak bisa jadi solusi sebanarnya. Iya kalau yang tempat tinggalnya dekat dengan sekolah, lalu apa kabar dengan calon siswa yang tempat tinggalnya di pedalaman atau yang jarak rumahnya jauh dari sekolah?

Ternyata setelah sekian tahun dengan berbagai permasalahan seputar pendidikan yang sebenarnya masih yang itu-itu saja tapi belum juga ada solusi yang tepat dari pemerintah. Padahal, permasalahan pendidikan juga merupakan tanggung jawab pemerintah yang wajib segera diselesaikan, karena pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting dalam kemajuan suatu negeri. Akan tetapi, secara penilaian saya sebagai orangtua calon siswa atau peserta didik, pemerintah tampak masih kurang serius dalam memperjuangkan permasalahan pendidikan di Indonesia ini.

 

Eva Nurfalah

Kampung Cilokotot RT 4 RW 2

Margahayu Selatan, Margahayu

Kabupaten Bandung

Bagikan: