Pikiran Rakyat
USD Jual 14.558,00 Beli 14.460,00 | Berawan, 22.1 ° C

Pengalihan Lajur Ganggu Kenyamanan Pengguna Jalan

SAYA sebagai karyawan yang hampir setiap hari menggunakan Jalan Soekarno-Hatta Bandung, khususnya jalur Bundaran Cibiru hingga Jalan Buahbatu, akhir-akhir ini dibuat kepo dengan sedikit pengalihan ”lajur” kendaraan di depan gerbang kampus baru Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD).

Di kawasan tersebut tadinya selalu lancar, tak ada halangan, baik kendaraan menuju ke timur maupun sebaliknya. Namun, beberapa minggu ini, kendaraan yang menuju ke barat (dari arah Bundaran Cibiru ke Kota Bandung) dari lajur lambat dibelokkan dan harus masuk lajur cepat, mulai dari sebelum gerbang kampus baru UIN. Akan tetapi, mereka harus masuk lagi ke lajur lambat begitu melewati gerbang Kampus UIN, pas di gerbang masuk Mapolda Jabar. Dan itu jaraknya tidak panjang, mungkin hanya sekitar 20 meter.

Sebenarnya bukan hal yang besar tetapi cukup mengganggu, terutama untuk kendaraan yang melaju di lajur cepat. Karena kadang mereka, termasuk saya, terbiasa melaju cepat di daerah tersebut tiba-tiba ada motor atau angkot yang masuk ke jalur cepat. Tentu saja membuat kaget dan rawan kecelakaan, meskipun sampai sejauh ini belum terdengar ada kecelakaan.

Saya tidak mengerti apa penyebab pengalihan arus tersebut karena di kampus baru UIN terlihat belum ada aktivitas, bahkan pintu gerbangnya pun masih tertutup. Kalau melihat kondisi jalan di potongan ruas tersebut tampaknya baik-baik saja. Mungkin pihak yang berwenang bisa memberikan jawaban atas kekepoan saya dan memberikan informasi sampai kapan hal itu akan diberlakukan?

 

Kepada Redaksi ”PR”, saya haturkan terima kasih atas dimuatnya surat saya.

 

Kuncoro

Jalan Soekarno-Hatta RT 2 RW 6

Babakan Ciparay, Kota Bandung

Bagikan: