Pikiran Rakyat
USD Jual 14.538,00 Beli 14.440,00 | Cerah berawan, 25.6 ° C

Mohon penjelasan Bank DBS

KEPADA Yth Spv Personal Loan Bank DBS di tempat.

Saya pelanggan DBS, ingin mengetahui dan mohon penjelasan dari pihak Bank DBS mengenai adanya tagihan yang harus dibayar karena denda atas keterlambatan pembayaran. Yang kami ketahui, selama cicilan dari tahun 2015 sampai dengan akhir cicilan kami di bulan Juni 2018, kami selalu tepat waktu dan tidak pernah terlambat dalam melakukan pembayaran.

Pihak DBS menelefon kami bahwa ada biaya yang harus dibayar karena keterlambatan atas pembayaran selama proses cicilan sebesar sekira Rp 1 juta-an. Kami berusaha mengonfirmasi dan menghubungi pihak Bank DBS melalui telefon untuk menyelesaikan masalah ini, kenapa hal tersebut bisa terjadi. Karena kami tidak pernah merasa terlambat dan selalu tepat waktu dalam melakukan pembayaran selama proses cicilan. Akan tetapi, pihak DBS tetap mengatakan, denda tersebut harus dibayar. Bukannya kami tidak beriktikad membayar tetapi kami yakin selama ini tidak pernah merasa terlambat dalam melakukan pembayaran sampai dengan pembayaran terakhir bulan Juni 2018.

Yang menjadi pertanyaan kami adalah sebagai berikut.

1. Apakah pihak DBS tidak mencoba untuk mengkaji ulang dan melihat di sistem mengenai histori pembayaran setiap nasabahnya?

2. Agar lebih mendetail dan disertai perincian dalam hal menjelaskan bilamana ada biaya di luar pembayaran wajib seperti denda atau biaya lain agar konsumen mengerti dan tidak merasa bingung. Hal itu agar di antara kedua belah, baik kami sebagai nasabah DBS atau pihak Bank DBS sendiri, tidak merasa dirugikan.

3. Tersedianya kantor cabang, customer service atau call centre di setiap kota khusus untuk menangani keluhan nasabah seperti kami. Karena mungkin ini menjadi hak konsumen/nasabah untuk bertanya secara lebih terperinci. Selain itu, tidak semua orang/nasabah mengerti tentang perbankan, apalagi untuk orang awam seperti kami.

Demikian ulasan serta keluhan dari kami untuk Bank DBS. Semoga Yth Bagian Pelayanan Konsumen atau Spv Personal Loan Bank DBS bisa memberikan penjelasan yang lebih rinci lagi kepada kami. Terima kasih atas perhatiannya.

Kami sampaikan terima kasih kepada Redaksi Harian Umum Pikiran Rakyat, khususnya untuk kolom Surat Pembaca, atas dimuatnya keluhan kami ini.

 

Yeni Setiawati

Jalan Sangkuriang No 53

Cipageran, Cimahi Utara

Kota Cimahi

Telf 081324087098

Bagikan: