Pikiran Rakyat
USD Jual 14.503,00 Beli 14.405,00 | Umumnya berawan, 23.9 ° C

Korban Zonasi PPDB yang Membingungkan

ANAK saya, korban zonasi PPDB yang membingungkan. Bersekolah di tempat yang lebih dekat dan mudah dijangkau dari tempat tinggal tentunya harapan sebagian besar siswa dan orangtua. Adanya sistem zonasi penerimaan peserta didik baru mungkin ditujukan untuk memudahkan siswa didik menjangkau tempat belajarnya.

Berbeda dengan yang saya alami. Saya mendaftarkan anak saya ke SMPN 1 Tanjungsari-Sumedang karena pertimbangan sekolah tersebut paling dekat dengan tempat tinggal kami, sekitar 2km (jarak riil, diukur melalui odometer sepeda motor). Sementara jarak ke SMP negeri lainnya yang juga terhitung dekat adalah 3 km (dengan pengukuran yang sama). Melalui jarak di GPS Google juga, SMPN 1 Tanjungsari ini adalah yang terdekat dari tempat tinggal kami. Akan tetapi, anak saya tidak bisa diterima di sekolah tersebut karena alasan zonasi. Nilai UN juga sama sekali tidak menjadi bahan pertimbangan.

Berdasarkan penjelasan pihak sekolah, zonasi yang diterapkan patokannnya titik koordinat, ditarik garis lurus jarak 800 m dari lokasi sekolah ke tempat tinggal siswa, bukan jarak senyatanya di lapangan. Hal ini agak membingunkan, karena tidak mungkin jalan itu lurus terus, pasti ada belokan, turunan, dan tanjakan. Penetapan zonasi ini mungkin sudah berdasarkan koordinasi antarpihak sekolah dan pemerintah daerah setempat. Yang jadi pertanyaan adalah apa dasar penetapan sistem zonasi tersebut, apakah jarak riil dari tempat tinggal ke sekolah, atau berdasarkan wilayah administratif, misalnya dalam satu kecamatan yang sama? Ini yang tidak jelas.

Kebingungan saya juga mungkin dialami orangtua siswa lainnya yang juga mendaftar PPDB tahun ini, khususnya di wilayah tempat tinggal kami. Harapannya, jangan sampai sistem zonasi PPDB ini malah mempersulit, membuat orangtua resah, dan menjatuhkan mental anak untuk melanjutkan belajar.

Kepada Redaksi Harian Umum Pikiran Rakyat, terima kasih atas dimuatnya surat pembaca ini.

 

Setiana

Perum Puskopad Blok A I No 30

Gunungmanik, Tanjungsari

Sumedang

 

Bagikan: