Pikiran Rakyat
USD Jual 14.558,00 Beli 14.460,00 | Sedikit awan, 20.4 ° C

Pilkada Serentak 2018 Rekor Dunia

SEBAGAI rakyat biasa, saya merasa sangat bangga bisa partisipasi dalam perhelatan akbar pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak Indonesia 27 Juni 2018 yang baru lalu. Menurut saya, perhelatan tersebut cerminan dari pesta demokrasi terbesar dan patut masuk rekor dunia. Mungkin peristiwa ini baru pertama kali di dunia, ada negara yang mampu melaksanakan pilkada secara serentak di 171 daerah dengan melibatkan 387.598 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan melayani sekitar 152 juta pemilih. Yang lebih membanggakan adalah perhelatan akbar tersebut berjalan secara tertib, aman, dan terkendali. Bisa dibilang tidak terjadi gesekan berarti selama masa kampanye, saat hari H pemilihan, maupun sesudahnya.

Untuk itu, kita wajib angkat topi kepada pemerintah beserta jajarannya dan lembaga penyelenggara yang telah membuktikan mampu menjadi fasilitator yang netral dan berwibawa. Angkat jempol juga buat masyarakat luas dan kepada partai peserta yang mampu menjaga kondusivitas sehingga Indonesia benar-benar layak dijuluki negara demokrasi terpuji.

Berkaitan dengan hal di atas, bagi saya, pemenang dari kontestasi tersebut bukan salah satu pasangan calon yang memperoleh angka tertinggi dan partai pengusungnya. Pemenangnya adalah negara dan seluruh rakyat Indonesia. Saya berharap bagi pasangan calon yang terpilih, tidak lupa merealisasikan janji-janjinya pada saat kampanye dan jangan jemawa. Libatkanlah pasang calon lainnya yang memiliki program bagus guna melayani masyarakat secara maksimal. Bagi yang belum beruntung, mudah-mudahan tetap berpartisipasi membantu mitra tanding yang telah mengungguli dengan program-program kerakyatan.

Akhir kata, tidak lupa saya sampaikan salut dan terima kasih kepada seluruh media masa yang terus menyebarluaskan informasi dan mencerahkan masyarakat luas serta tetap netral. Hal yang sama juga dilakukan oleh Pikiran Rakyat Grup yang secara konsisten membuktikan slogannya, ”Dari Rakyat, Oleh Rakyat & Untuk Rakyat”. Sampai ketemu pada Pemilihan Presiden 2019. Semoga semuanya semakin matang dan elegan.

 

S Teguh

Taman Holis Indah

Blok B-1 No 18 Kota Bandung

Bagikan: