Pikiran Rakyat
USD Jual 14.014,00 Beli 14.112,00 | Langit umumnya cerah, 18.5 ° C

Bikin Kaki Harrison Ford Patah, Rumah Produksi Star Wars Dituntut

Dikdo Maruto
Harrison Ford.*
Harrison Ford.*
BUCKINGHAMSHIRE, (PRLM).- Rumah produksi yang menelurkan film 'Star Wars: The Force Awakens' dituntut terkait insiden yang mengakibatkan Harrison Ford mengalami patah kaki.

Sang aktor dihantam pintu hidrolik logam saat pengambilan gambar untuk adegan pesawat Millennium Falcon di Pinewood pada Juni 2014.

Badan pemerintah yang bertanggung jawab atas keselamatan di tempat kerja (HSE) melayangkan empat tuntutan pidana terhadap Foodles Production (UK) Ltd -sebuah anak perusahaan Disney.

Pihak Foodles Production mengatakan pihaknya merasa "kecewa" dengan keputusan HSE tersebut.

Akibat insiden itu, Ford diterbangkan ke rumah sakit untuk dioperasi.

HSE mengatakan, berdasarkan penyelidikan mereka yakin terdapat bukti yang cukup tentang insiden yang menyebabkan Ford mengalami cedera serius, untuk melayangkan empat tuntutan pidana yang berkaitan dengan dugaan pelanggaran prosedur kesehatan dan keselamatan.

Seorang juru bicara menambahkan, "Secara hukum, perusahaan harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi para pekerja - ini berlaku pada lokasi pengambilan gambar untuk film, sebagaimana berlaku di ruangan pabrik."

Foodles Production adalah perusahaan yang bertanggung jawab untuk memproduksi film Star Wars VII: The Force Awakens, dan dengan demikian mereka adalah pihak pelaku menurut hukum kesehatan dan keselamatan.

Perwakilan dari rumah produksi ini akan hadir di pengadilan High Wycombe Magistrates Court pada 12 Mei mendatang.

Seorang juru bicara Foodles Production mengatakan, "Keselamatan pemain dan awak selalu menjadi prioritas utama. Kami bekerjasama secara penuh selama penyelidikan yang dilakukan HSE dalam kecelakaan yang terjadi pada bulan Juni 2014 dan kami kecewa dengan keputusan HSE ini."

Film Star Wars: The Force Awakens diambil gambarnya di Pinewood Studios di Buckinghamshire. Film yang sangat ditunggu-tunggu ini menjadi film terlaris sepanang sejarah di Inggris. Film ini juga telah meraup pendapatan sebesar 2 miliar dolar AS atau sekitar Rp 26 triliun di seluruh dunia.

Produksi selanjutnya, Star Wars: Episode VIII sudah berlangsung di Pinewood, dan akan tayang pada Desember 2017. (bbc/A-88)***
Bagikan: