Pikiran Rakyat
USD Jual 14.099,00 Beli 14.197,00 | Cerah berawan, 20.7 ° C

Para Seniman Menuntut Hak Menggunakan Vantablack

Dede Suhaya
WARNA hitam yang disebut Vantablack adalah sebuah pigmen yang begitu gelap yang menyerap 99,96 persen dari cahaya yang mengenainya.*
WARNA hitam yang disebut Vantablack adalah sebuah pigmen yang begitu gelap yang menyerap 99,96 persen dari cahaya yang mengenainya.*
SURREY, (PRLM).- Sebagian besar dari kita mungkin menganggap bahwa warna hitam hanyalah hitam. Namun tidak bagi para seniman besar. Bagi mereka, subjek ini jauh lebih bernuansa. Dan kini mereka ingin mendapat hak untuk menggunakan warna hitam yang paling hitam di dunia.

Warna hitam yang disebut Vantablack adalah sebuah pigmen yang begitu gelap yang menyerap 99,96 persen dari cahaya yang mengenainya.

Dan kini warna hitam pekat itu terkenal berkat pematung terkenal di dunia Sir Anish Kapoor, yang menciptakan patung ArcelorMittal Orbit untuk Olimpiade 2012,yang telah diberikan hak eksklusif untuk menggunakan warna yang memicu reaksi marah dari para seniman lainnya.

Salah seorang dari mereka, Christian Furr, yang telah berencana untuk menggunakan Vantablack dalam serangkaian lukisan yang disebut Animals, yang mengatakan kepada The Mail, Minggu (28/2/2016): "Saya belum pernah mendengar seorang seniman memonopoli sebuah material. Menggunakan hitam murni dalam karya seninya."

"Semua seniman terbaik telah memiliki hal untuk hitam murni, seperti Turner, Manet, Goya. Warna hitam ini seperti dinamit di dunia seni," tambah Furr. "Kami harus bisa menggunakannya. Hal ini tidak benar bahwa itu milik satu orang."

Para ilmuwan perusahaan NanoSystems yang berbasis di Surrey, Inggris menembangkan substansi ini pada tahun 2014 untuk membantu penyamaran satelit. Cat dengan sifat menyerap cahaya ini juga telah digunakan untuk menyembunyikan jet tempur Stealth dari mata musuh.

Vantablack menyerap begitu banyak cahaya yang mata manusia tidak bisa mengambil pada jenis bayangan yang membantu otak untuk menafsirkan bentuk objek. Hebatnya, gumpalan dari timah pembungkus lapisan cat ini terlihathampir benar-benar datar. (Dede Suhaya/A-147)***
Bagikan: