Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Umumnya berawan, 24.4 ° C

Demokrat Berencana Duetkan Dede Yusuf-Ricky Subagja untuk Pilkada Kabupaten Bandung 2020

Hendro Susilo Husodo
ILUSTRASI pilkada.*
ILUSTRASI pilkada.*

BANDUNG, (PR).- Partai Demokrat berencana memasangkan kadernya, Dede Yusuf, dengan mantan pebulutangkis nasional, Ricky Subagja sebagai calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Kabupaten Bandung 2020. Kedua nama tersebut dianggap mencuat kalangan internal partai.

Demikian disampaikan Ketua DPD Partai Demokrat Jabar Irfan Suryanagara, pekan lalu. Meskipun demikian, menurut dia, rencana untuk memajukan pasangan Dede Yusuf-Ricky Subagja di Pilkada Kabupaten Bandung 2020 masih belum diajukan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat.

"Belum, kalau (diajukan) ke pusat. Kan dari bawah dulu dikirim (pengajuannya). Di bawah itu nama Dede Yusuf terus naik. Dede Yusuf dengan Ricky Subagja," kata Irfan, seusai bertemu dengan sejumlah pimpinan partai politik di Jawa Barat, di Kantor DPW PKB Jabar, Kota Bandung.

Menurut dia, Partai Demokrat juga masih berupaya membangun koalisi dengan partai lain untuk memajukan pasangan Dede Yusuf-Ricky Subagja, demikian pula calon yang lain untuk di pilkada yang lain. Pasalnya, pada 2020 penyelenggaraan pilkada terdapat delapan daerah di Jabar.

"Tadi kami sudah bicara dengan teman-teman (parpol), ini dengan ini, ini dengan ini. Contoh, kami di (Pilkada) Canjur itu Wawan Setiawan yang maju. Tadi sudah ada yang menyambut, PKB dan NasDem. Kemudian kami di Depok mendukung (calon yang diusung) PKS," katanya.

Irfan mengakui, rencana untuk mengusung Dede Yusuf-Ricky Subagja memerlukan dukungan dari parpol yang lain. Meskipun belum ada pernyataan resmi dari parpol yang lain, dia mengklaim bahwa sejumlah pimpinan parpol menyambut baik rencana pengusungan pasangan tersebut. 

"Baru bicarakan tadi, belum (secara resmi), tapi teman-teman itu, 'Oh, kalau begitu kami ikut (mengusung Dede Yusuf-Ricky Subagja)'. Namun, ini belum (resmi). Yang pasti, (pencalonan) di Kabupaten Bandung itu nanti setelah ada rekomendasi dari pusat," tuturnya.

Golkar

Sementara itu, Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jabar Iswara mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum meminta pengajuan usulan nama bakal calon buat Pilkada Kabupaten Bandung 2020. Demikian pula untuk bakal calon di kabupaten/kota lain, yang tahun depan bakal ada pilkada.

"Saya sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Golkar Jabar, memang belum meminta DPD Golkar Kabupaten Bandung untuk menyerahkan nama-nama. Masih ada waktu yah. Kan tahapan itu baru dimulai September nanti, dan pendaftaran baru pada Maret tahun depan," katanya.

Mesko begitu, dia menyatakan, ada beberapa nama bakal calon yang beredar, yang masuk dalam radar partai. Nama-nama yang beredar itu, sebut dia, di antaranya ialah Anang Susanto, Dadang Supriatna, dan istri Bupati Bandung Dadang Naser, Kurnia Agustina Naser.

"Tiga nama itu yang tampaknya masuk radar kami. Sejauh ini baru tiga nama itu. Namun, kami masih menunggu surat resmi dari Golkar Kabupaten Bandung," kata Iswara.

Dalam beberapa waktu ke depan, lanjut dia, Golkar bakal mulai melakukan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati. Selain itu, DPD Golkar Jabar juga melakukan survei internal untuk mencari nama-nama yang memiliki tingkat popularitas dan elektabilitas yang baik.

"Sebenarnya Pak Ketua, Pak Dedi Mulyadi sudah melakukan survei. Hanya, kami masih tunggu hasilnya. Namun, nanti setelah itu, kami masih ada survei sekali lagi. Nah, dasar kami tetap, selain usulan yang disampaikan, adalah survei tersebut. Itulah yang nanti dibawa ke tim pilkada pusat di Jakarta," tuturnya. ***

Bagikan: