Pikiran Rakyat
USD Jual 14.353,00 Beli 14.053,00 | Sebagian berawan, 22.7 ° C

Pilkada Ciamis, Pasangan Incumbent Dipastikan Maju Kembali

Nurhandoko

CIAMIS, (PR).- Koalisi PDI Perjuangan dengan Partai Golkar di wilayah tatar Galuh Ciamis dengan Kota Banjar, sudah final. Dalam rapat kerja cabang khusus (Rakercabsus) di lokasi terpisah, kedua partai sudah mengumumkan figur yang bakal diusung sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis maupun Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjar. 

Pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018 di Kabupaten Ciamis, koalisi PDIP dengan Golkar menetapkan Iing Syam Arifin (incumbent, Bupati Ciamis) sebagai Bupati Ciamis dan Oih Burhanudin (incumbent, Wakil Bupati Ciamis) kembali dalam posisinya sebagai Wakil Bupati Ciamis. Sedangkan di Kota Banjar, PDIP menetapkan Ade Uu Sukaesih (petahana, Wali Kota Banjar) sebagai Wali Kota dan Nana Suryana (Wakil Ketua DPRD) sebagai wakil Wali Kota Banjar.

Dua Rakercabsus PDIP Ciamis berlangsung di Graha Ayoe, Ciamis, dan Aula Kelurahan Purwaharja, Kota Banjar, berlangsung pada dan hari Sabtu 4 November 2017. Kegiatan tersebut  langsung diiikuti Ketua DPD  PDIP Jawa Barat, Tubagus Hasanudin. 

Pada rakercabsus yang berlangsung di Kota Banjar, ikut dihadiri Wakil Ketua Bappilu DPD Golkar Jawa Barat, Herman Sutrisno, didampingi Sekretaris DPD Golkar Banjar, Dadang R Kalyubi. Ratusan kader juga memenuhi lokasi Rakercabsus. 

Tim sukses



Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPD PDIP Jabar, TB Hasanudin langsung memerintahkan agar kedua bakal calon, bupati dan wali kota segera membentuk tim sukses. Selain itu juga diikuti dengan membentuk posko koalisi maupun posko partai. 

"Saya minta semua bergerak, mulai dari jajaran struktur maupun kader dan simpatisan. Kami DPD  juga akan memerkuat," ujar TB Hasanudin. 

Dalam kesempatan tersebut, dia mengungkapkan, hasil survei lembaga independen, menempatkan  pasangan Iing Syam Arifin - Oih Burhandudin meraih dukungan 62 persen. Berbekal kondisi tersebut, TB Hasanudin, memasang target perolehan suara sebesar 70 persen. 

"Berdasar hasil survei tersebut, relaistis apabila kami pasang target 70 persen. Kami angat serius untuk memenangkan pilkada di Ciamis maupun Kota Banjar,"  ujarnya. 

Koalisi



Berdeda dengan atmosfir politik di tatar galuh Ciamis, lebih lanjut dia mengatakan hingga saat ini kompetitor pasangan Ade Uu Sukaesih (Partai Golkar) dengan Nana Suryana (PDIP) belum jelas. Koalisi yang dibangun kedua partai tersebut, lanjutnya, masih terbuka untuk partai lainnya ikut bergabung. 

"Apabila ada partai lain ingin berkoalisi, masih bisa, masih terbuka. Tinggal tanyakan saja kepada Herman Sutrisno selaku Ketua Bappilu DPD Golkar Jabar. Kami optimis  pasangan Ade Uu Sukaesih dengan nana Suryana, bakal unggul di Kota Banjar,"  kata TB Hasnudin. 

Sebelumnya Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD Golkar Jawa Barat, Herman Sutrisno di Kota Banjar, juga memastikan bangunan koalisi Partai Golkar dengan PDIP.  Rekomendasi DPP Partai Golkar memasangkan Ade Uu Sukaesih sebagai calon Wali Kota Banjar dan Nana Suryana sebagai Wakil Wali Kota.***

Bagikan: