Cedera Tulang Rusuk dalam Uji Tanding Persib, Kondisi Kim Kurniawan Masih Dipantau

- 18 September 2020, 15:15 WIB
Kim Kurniawan. /Instagram.com/@kimkurniawan

PIKIRAN RAKYAT - Kondisi gelandang Persib Kim Jeffrey Kurniawan masih terus dipantau, setelah mengalami cedera di bagian tulang rusuknya saat menjalani uji tanding di Stadion Gelora Bandung Lautan Api beberapa waktu lalu.

Dokter tim Persib M. Rafi Ghani mengatakan, saat pertandingan uji coba Kim mengalami benturan dengan pemain lainnya.

Benturan tersebut terjadi di bagian tulang rusuk bagian kanan, dan keesokan harinya dia masih melakukan aktivitas seperti biasa.

Baca Juga: Tekan Covid-19 Lewat Perubahan Perilaku, Kemendikbud Gaet 115 Juta Orang di Komunitas Pendidikan

“Tapi kurang lebih satu atau dua minggu (setelah benturan itu) dan setelah aktivitas biasa. Dia merasa ada hal yang dirasakan kurang nyaman, ada rasa nyeri jadi kita periksa si rasa nyeri nya itu tidak satu tempat tapi dengan berjalannya waktu ada satu titik merasakan nyeri kita melakukan MRI,” tuturnya, Jumat, 18 September 2020.

Dari hasil MRI tersebut ada fraktur atau patah tulang di bagian rusuknya. Namun, karena posisinya bagus dalam arti tidak memerlukan reposisi.

Maka tidak diperlukan tindakan, sehingga Kim disarankan untuk istirahat agar proses perekatan kembali tulang yang patah berjalan baik.

Baca Juga: Terindikasi Tidak Netral dalam Pilkada Kabupaten Bandung, 14 ASN Membantah Tindakannya

Rafi mengatakan, berdasarkan perhitungan setelah dilakukan konsultasi dengan ahli ortipedi. Tidak perlu dilakukan tindakan, karena fraktur atau ulang yang patah tidak menganggu ke organ lain seperti bagian paru-paru atau jantung.

“Jadi biarkan supaya frakturnya nempel dengan sempurna, jika diperkirakan sekitar kurang lebih enam minggu sehingga Kim harus istirahat dan tidak melakukan aktivitas yang berat,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X