Mengenal Ajat Sudrajat, Perjalanan Legenda Persib yang Bergaya Khas

- 24 November 2022, 22:00 WIB
Ajat Sudrajat (kanan) sedang berdiskusi dengan Tito Agung dan Zainal Abidin Zapello.
Ajat Sudrajat (kanan) sedang berdiskusi dengan Tito Agung dan Zainal Abidin Zapello. /Instagram/ajat_bdg10

PIKIRAN RAKYAT – Pencinta sepak bola Indonesia tentu sudah tidak asing dengan nama Ajat Sudrajat, pesepak bola yang berasal dari Bandung.

Ia lahir pada 5 Juli 1962 dan memulai karier sejak tahun 1979 hingga 1997 untuk memperkuat tim kota kelahirannya, Persib Bandung.

Ajat Sudrajat selalu terpilih sebagai pemain kunci yang mempunyai karakter dalam membangkitkan semangat dalam bertanding membela Persib. Ia termasuk pemain muda dari tim Persib yang sudah disiapkan oleh pelatih asal Polandia Marek Janota.

Teman seangkatan dengannya yaitu Iwan Sunarya, Wawan Karnawan, Dede Iskandar, Ade Mulyono, Robby Darwis, Jafar Sidik Sukowiyono, dan Adeng Hudaya. Mereka merupakan generasi dalam tim sepak bola tersebut.

Baca Juga: Profil Chairil Anwar, Si Binatang Jalang yang Mampus Dikoyak-koyak Sepi

Pada 1983 mereka debut perdana pada kompetisi Divisi Utama serta berhasil tampil dengan baik dan memukau. Melaju sampai babak final dan Ajat saat itu mendapatkan anugerah gelar pemain terbaik, berkat penampilannya yang dinilai luar biasa.

Dia memiliki loyalitas yang sangat besar saat bermain sepak bola, karena ia mempunyai loyalitas berupa dukungan dan pembelaan terhadap tim sepak bola. Tidak hanya itu, Ajat menjadi salah satu pemain inti sekaligus legenda Persib.

Sepanjang karier sebagai pemain sepak bola, Ajat berhasil mencetak tiga kali hattrick saat pertandingan satu laga bersama tim Persib. Trigolnya tercatat saat ia masih bertarung di Divisi Utama Perserikatan.

Dalam pertandingan pada 15 April 1983 tersebut Persib berhasil menjuarai posisi tiga dengan jumlah skor 5-1, gol pembuka yang dibuat oleh Adjid Hermawan, trigol dari Ajat serta gol penutup dari Yana Rodiana.

Halaman:

Editor: Irwan Suherman


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x