Senin, 25 Mei 2020

Komisaris Persib Umuh Muchtar Imbau Semua Pihak untuk Taati Aturan

- 29 Maret 2020, 15:10 WIB
MANAJER Persib Bandung Umuh Muchtar. /ABDUL MUHAEMIN/PR

PIKIRAN RAKYAT - Hampir dua pekan Liga 1 2020 dihentikan, kemungkinan besar kasta tertinggi kompetisi sepak bola di Indonesia tersebut akan kembali bergulir pada bulan Juli mendatang atau sampai menunggu keadaan membaik.

Sebelumnya Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyatakan bahwa PSSI telah mengeluarkan surat keputusan bahwa kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 dalam status keadaan tertentu darurat bencana virus Corona (Covid) 19.

Iriawan menegaskan, Surat Keputusan tertanggal 27 Maret 2020 ini menimbang arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Maklumat Kapolri, Surat Keputusan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tentang perpanjangan status darurat bencana wabah Virus Corona, serta juga mempertimbangkan masukan dan saran dari Komite Eksekutif (Exco) PSSI, PT Liga Indoensia Baru (LIB), serta klub klub peserta Shopee Liga 1 dan Liga 2.

Baca Juga: Rapid Test yang Diterima Garut Lebih Sedikit daripada Jumlah ODP dan PDP

“Saya selaku Ketua Umum PSSI memutuskan, bahwa PSSI menetapkan bahwa bulan Maret, April, Mei dan Juni adalah status keadaan tertentu darurat bencana terkait penyebaran Covid 19 di Indonesia, maka status ini disebut keadaan kahar atau force majeure,” kata Iriawan.

Dia menambahkan, dengan hal tersebut PSSI menunda kompetisi Liga 1 dan Liga 2 sampai dengan tanggal 29 Mei. Namun, apabila status keadaan tertentu darurat bencana tidak diperpanjang oleh pemerintah, maka PSSI menginstruksikan PT LIB untuk dapat melanjutkan Shopee Liga 1 dan Liga 2 terhitung mulai 1 Juli 2020.

Namun, apabila pemerintah memperpanjang status darurat bencana setelah 29 Mei dan PSSI memandang belum cukup ideal untuk melanjutkan kompetisi, maka Shopee Liga 1 dan Liga 2 musim ini akan dihentikan.

Baca Juga: Warga Perbatasan RI-Malaysia Manfaatkan Spray Antihama untuk Cegah Virus Corona

“Hal-hal terkait teknis, termasuk penjadwalan, sistem dan format kompetisi, kewajiban klub pada pihak ketiga, promosi dan degradasi, akan saya atur kemudian pada surat keputusan terpisah,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X