Senin, 6 April 2020

Tes Massal Virus Corona di Jabar, Markas Persib Bandung di Liga 1 2020 Akan Beralih Fungsi

- 22 Maret 2020, 15:45 WIB
TIM medis dari PMI memeriksa suhu tubuh Bobotoh saat masuk area stadion Si Jalak Harupat pada Minggu, 15 Maret 2020. /Pikiran Rakyat/ Rio R Pangestu

PIKIRAN RAKYAT - Dalam hitungan hari, markas Persib Bandung di liga 1 2020, Si Jalak Harupat akan beralih fungsi.

Si Jalak Harupak akan disiapkan Pemerintah Jabar untuk melakukan tes massal virus corona.

Selain Si Jalak Harupat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga mengalihfungsikan dua stadion berskala besar lainnya Stadion Patriot Candrabhaga dan Stadion Pakansari.

Informasinya 3 stadion tersebut dijadikan lokasi pelaksanaan 'rapid test' corona. Diupayakan, tes bisa digelar secepatnya Selasa, 24 Maret 2020 atau paling lambat Rabu, 25 Maret 2020.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyebutkan, ketiga stadion ialah Stadion Patriot Candrabhaga untuk mengecek warga Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Karawang; kemudian Stadion Pakansari menjadi lokasi pengecekan warga Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Depok; lalu Stadion Si Jalak Harupat untuk memfasilitasi tes bagi warga Jabar lainnya.

"Penetapan lokasi dan pembagiannya disesuaikan dengan fakta, mayoritas kasus positif di Jabar berasal dari wilayah Bodebek yang memang jaraknya dekat ke episentrum corona di Jakarta," kata Ridwan di sela tinjauannya ke Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu, 22 Maret 2020.

Ridwan mengatakan, pemilihan stadion sebagai lokasi pelaksanaan tes dikarenakan karakteristiknya yang cocok untuk merealisasikan konsep 'drive thru'. Konsep ini memungkinkan warga yang dites tidak berkerumun di lokasi yang sama.

Mekanismenya, warga datang menggunakan kendaraan lalu menuju pos pertama untuk menjalani tes pertama yang berupa tes darah. Kemudian warga bisa menuju titik berikutnya untuk mengetahui hasil tes, sekira 15 menit.

Jika hasil tes pertama positif, warga akan menjalani tes lanjutan, yakni menggunakan alat PCR dengan tingkat keakuratan lebih baik. Bilamana kedua tes memperlihatkan hasil positif, maka warga tersebut memasuki area dalam stadion guna mendapatkan penanganan lanjutan. Sementara warga yang hasil tesnya negatif diperbolehkan pulang.

Halaman:

Editor: Rizki Laelani

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X