Selasa, 31 Maret 2020

Nilai Suporter Indonesia Semakin Dewasa, Robert Alberts: Bobotoh Adalah yang Terbaik di Negeri Ini

- 27 Februari 2020, 16:49 WIB
BOBOTOH Persib Bandung di Stadion Siliwangi, Kota Bandung tahun 2000-an.* /ANDRI GURNITA/PR

 

PIKIRAN RAKYAT - Pelatih Persib Robert Alberts menilai saat ini suporter di Indonesia sudah semakin dewasa, dan bisa menjaga sikapnya ketika mereka mendung langsung tim kesayangannya saat bermain di lapangan.

“Saya lihat ada perbaikan dari suporter, bisa dilihat suporter bisa datang berbondong-bondong dan mereka paham bahwa sepak bola adalah soal kesenangan dan kebahagiaan dalam mendukung tim. Kalian tidak bisa melukai orang lain, karena ketika datang ke pertandingan sepak bola, tujuannya adalah melihat 22 pemain yang bermain. Kalau hanya melihat 11 pemain, itu bukan pertandingan dari saya lihat semakin ada perkembangan dari suporter di sini (Indonesia),” tuturnya saat ditemui di stdaion Gelora Bandung Lautan Api, Kamis 27 Februari 2020.

Dia menambahkan, melihat bobotoh Robert sangat mengapresiasi atas dukungan dan militansi mereka.

Baca Juga: Hutan dan Danau Jadi Bangunan, Evaluasi Semua RUTR di Indonesia agar Banjir Tidak Terus Terjadi

loading...

Bahkan pelatih asal Belanda tersebut menilai berdasarkan pengalamannya saat datang ke Bandung ketika masih melatih tim lain, bobotoh adalah suporter terbaik di negeri ini.

“Tapi meski begitu kami masih harus tetap memberi edukasi mengenai apa yang salah dan apa yang benar. Jika saya pendukung Persib, saya tidak ingin klub ini harus membayar denda tiap pekan karena flare, smoke bomb dan petasan karena itu tidak diperbolehkan. Jadi harus ada edukasi untuk mendukung tim, bukan membiarkan klub membayar denda begitu banyak. Karena uang itu bisa digunakan untuk memperbaiki fasilitas latihan, maupun membeli pemain baru yang lebih bagus. Jadi suporter harus bisa lebih diedukasi,” ujarnya.***


Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X