Jumat, 3 April 2020

Himendra Wargahadibrata Meninggal Dunia, Sosoknya Jadi Inspirasi Semua Kalangan

- 14 Februari 2020, 18:26 WIB
HIMENDRA Wargahadibrata.* /DOK. EKO NOER KRISTIYANTO

PIKIRAN RAKYAT - POR UNI Bandung sangat kehilangan sosok yang menginspirasi para persepakbola usia dini usai Prof. Dr. Abdullah Himendra Wargahadibrata, dr., Sp.An., KIC meninggal dunia pada usia 77 tahun Kamis 13 Februari 2020 malam di RS Borromeus, Kota Bandung. Bahkan, hingga saat ini mantan Persib era 1960 itu merupakan Ketua Dewan Pembina POR UNI.

"Kami sangat kehilangan sosok yang inspiratif dari Prof Himendra. Beliau adalah persepakbola yang kemudian menjadi dokter dan Rektor Unpad. Pencapaiannya adalah sesuatu yang luar biasa," ucap Ketua Umum POR UNI Benny Oewes di rumah duka di Jalan Imam Bonjol No. 34, Kel. Lebak Gede, Kec. Coblong, Kota Bandung.

Benny mengatakan Prof Himendra telah aktif membesarkan UNI sejak 1961. Sosoknya yang begitu ramah dan suka membagi pengalamannya itu pun begitu dikenal dari berbagai kalangan. Mulai dari olahragawan, kedokteran hingga akademisi.

Baca Juga: Dilantik Ridwan Kamil, Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja Janji Tak Akan Berpolitik

"Banyak anak-anak di UNI mengidolakan Prof Himendra. Mereka ingin jadi pemain Persib dan juga dokter seperti Pak Himendra. Prof Himendra juga mantan pemain timnas Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, pihak keluarga yang diwakili putranya A. Firmansyah mengucapkan banyak terima kasih kepada sahabat dan rekan-rekan almarhum yang begitu luar biasa mendampingi hingga pemakaman. Menurut Firmansyah pihaknya sangat bersyukur banyak orang yang mendoakan almarhum.

"Terima kasih yang terhingga dari kami untuk rekan dan sahabat almarhum dari berbagai instansi, organisasi serta komunitas dan kalangan lainnya yang belum disebut namanya yang telah memberikan dukungan, doa dan kesediaan waktu dalam prosesi menyolatkan dan pemakaman almarhum," katanya.

Baca Juga: Bawang Putih Bertunas Jangan Dibuang, Ternyata Bisa Cegah Kanker, Demensia sampai Stroke

Sebelumnya, Himendra dikenal sebagai pria yang memulai kariernya sebagai pesepak bola amatir. Almarhum juga merupakan rektor kesembilan Universitas Padjadjaran (Unpad), pada kurun waktu 1998-2007.

Himendra tercatat pernah menjadi pesepakbola pada kesebelasan Persib pada 1962. Saat itu Himendra mengantarkan Maung Bandung menjuarai Liga Amatir.

Ketika itu, Persib mengalahkan para pesaingnya. Di antaranya PSMS Medan, Persebaya Surabaya, PSM Makassar dan PSIS Semarang.

Baca Juga: Diisukan akan Pergi dari Manchester United, Agen Beri Petunjuk Kembalinya Paul Pogba ke Italia

Bahkan, Prof. Himendra pernah menjadi salah satu pemain dari Timnas Junior Indonesia. Ada tiga pertandingan besar yang dihadapi Prof. Himendra saat di Timnas, yaitu Asian Games 1962, Merdeka Games, dan Ganefo 1964.

Walau karier sepakbolanya melejit, Himendra akhirnya memilih untuk melanjutkan studi di FK Unpad. Himendra pun gantung sepatu pada 1973 dan memilih mengabdi sebagai dokter di Rumah Sakit Hasan Sadikin dan akademisi di Unpad.***

loading...

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X