Senin, 9 Desember 2019

Beltrame dan Lopicic, Sama “Tua”, Beda Kualitas

- 27 Maret 2019, 13:58 WIB
FABIANO Beltrame resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Persib di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Sabtu 23 Maret 2019.*/ABDUL MUHAEMIN/PR

BANDUNG, (PR).- Persib Bandung belum lama ini merekrut bek tangguh yang kenyang akan pengalaman yaitu Fabiano Beltrame. Meski telah lama mengincar sang pemain, tepatnya sejak tahun 2011, Persib patut bersyukur lantaran lini belakang Maung Bandung akan semakin kokoh dengan bergabungnya Fabiano Beltrame ke dalam tim yang tengah dilatih Miljan Radovic.

Sayangnya usia Fabiano Beltrame yang sudah tidak lagi muda, 36 tahun, membuat Persib Bandung tidak akan bisa lama menggunakan jasa pemain yang  sebentar lagi menyandang status Warga Negara Indonesia lewat proses naturalisasi tersebut.

Hal ini tentu seperti mengulang perekrutan pemain Persib dalam beberapa tahun terakhir, contohnya, saat mendatangkan Miljan Radovic. Kepiawaian Miljan Radovic sebagai pengatur serangan di tim Persib Bandung kala itu tidak diragukan lagi. Bahkan saat itu Miljan Radovic diberi julukan “The Professor” oleh bobotoh karena mahir dalam melakukan tendangan bebas. Tapi Miljan Radovic hanya membela Persib selama dua musim, tahun 2010 hingga tahun 2012 hingga akhirnya memutuskan penisun.

Kendati baru bergabung dengan Persib di usia menjelang pensiun, Fabiano Beltrame diakui legenda Persib Bandung masih layak bergabung. Yudi Guntara mengungkapkan bahwa segudang pengalaman yang dimiliki Fabiano Beltrame bisa dimanfaatkan Persib Bandung. Rekam jejaknya di sepak bola Indonesia juga membuat Fabiano bisa diandalkan meski sudah tidak muda.

“Ga jadi masalah kalau pemain yang sudah berumur itu asal menunjukkan kualitas yang sangat bagus. Dia (Fabiano) waktu di Madura juga enggak jelek-jelek amat, bagus performanya dan terus main. Kemudian Fabiano selalu memberikan kontribusi dengan mencetak gol dari memanfaatkan sepak pojok atau tendangan bebas. Jadi selama pemain itu mempunyai performa bagus ya enggak masalah, itu ditunjukkan oleh seorang Fabiano. Apalagi tidak ada riwayat cedera dan sebagainya, jadi Fabiano layak bergabung di Persib,” ujar Yudi Guntara saat dihubungi Rabu 27 Maret 2019.

Yudi Guntara turut menyentil sambutan berbeda bobotoh kepada Fabiano Beltrame dan pemain baru Persib yang lain yaitu Srdan Lopicic. Menurut Yudi, bobotoh tidak salah dalam melakukan penilaian kepada Srdan Lopicic yang usianya tak lagi muda. Masalahnya, kualitas Srdan Lopicic masih jauh dari standar pemain yang dibutuhkan, apalagi statusnya sebagai pemain asing membuat ekspektasi kepada Srdan Lopicic sangat tinggi.

“Fabiano walaupun tua tapi orang kan tau di klub sebelumnya seperti apa, kalau penilaian (bobotoh) terhadap Lopicic mungkin karena tidak terlalu istimewa di klub sebelumnya seperti di Arema ataupun Borneo Fc. Mungkin itu yang menjadi penilaian bobotoh kepada Lopicic dan Fabiano yang berbeda,” katanya.***

 



Editor: ella yuniaperdani

Tags

Komentar

Terkini

X