Selasa, 10 Desember 2019

Miljan Radovic Hadapi Situasi yang Hampir Sama dengan Persib Tahun Lalu

- 10 Maret 2019, 10:32 WIB
PELATIH Persib Miljan Radovic mengumumkan daftar sementara pemain Maung Bandung di Graha Persib Bandung, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Minggu 13 Januari 2019.*ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Mantan pemain Persib Yudi Guntara menilai Maung Bandung di bawah asuhan Miljan Radovic bermain cukup baik. Ia mengatakan, dalam pertandingan Persib vs Persebaya, skuat asuhan Miljan Radovic telah bermain bagus pada babak pertama.

Akan tetapi saat memasuki babak kedua, para pemain Persib seperti kehilangan konsentrasi. Oleh karena itu, Yudi Guntara menilai, harus ada peran pelatih saat pemain memasuki ruang ganti. Komunikasi yang intens antara pemain dengan pelatih merupakan kunci utama mengembalikan performa tim usai turun minum.

"Tim dalam keadaan bagus dan harusnya ada komunikasi yang intens di ruang ganti. Karena pada babak kedua, pada menit awal dan menit akhir itu rawan. Di situ konsentrasi hilang tapi kalau di ruang ganti ada komunikasi yang intens, mungkin pemain harus (bisa) merespons di lapangan," kata Yudi Guntara dalam wawanara yang disiarkan Radio PRFM, Sabtu 9 Maret 2019.

Menurut Yudi Guntara, situasi yang dialami Miljan Radovic belakangan ini hampir serupa dengan apa yang terjadi pada Mario Gomez saat pertama kali menukangi Persib.

Dengan komposisi pemain yang sudah ada, Miljan Radovic harus meracik formasi yang maksimal untuk Persib. Sama halnya degan Mario Gomez yang memaksimalkan pemain peninggalan pelatih Persib sebelum dia.

"Belum parah banget, sekarang Miljan Radovic baru menangani tim. Kemudian, pemainnya baru datang. Sama halnya dengan Mario Gomez saat Piala Presiden, sama tidak masuk babak selanjutnya," kata Yudi Guntara.

Peneliti Hukum di Kementerian Hukum dan HAM Eko Noer Kristiyanto menilai, ada tiga komponen yang membedakan Pelatih Persib Miljan Radovic dengan arsitek sebelumnya, Roberto Carlos Mario Gomez. Hal itu terutama terlihat dalam gaya komunikasi yang cenderung bertolak belakang.

Eko Noer Kristiyanto menjelaskan, Mario Gomez lebih berkarakter senyap saat menjadi arsitek Persib sedangkan Miljan Radovic dinilai lebih mencerminkan optimistis dan lebih banyak berbicara.


Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

X