Kamis, 4 Juni 2020

Makam Pahlawan Persib Segera Hadir Berkat Kecintaan Bobotoh

- 30 Desember 2017, 13:04 WIB
BOBOTOH memperlihatkan denah Taman Makam Pahlawan Persib yang rencananya akan dibangun di kawasan Cikuda, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat dalam jumpa pers di salah satu kafe di kawasan Dago, Kota Bandung, Jumat 29 Desember 2017.*

BANDUNG, (PR).- Berbekal kecintaannya terhadap Persib, sekelompok bobotoh asal Kabupaten Bandung Barat menginisiasi ide pembangunan Taman Makam Pahlawan Persib (TMPP). 

Makam itu nantinya digunakan sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi para pemain, pelatih, suporter, atau siapapun yang memiliki jasa besar bagi Maung Bandung.

Salah satu inisiator TMPP, Gani Permana mengatakan, dia bersama kawan-kawan pencinta Persib sudah menyisihkan sebagian penghasilannya untuk membeli sebidang tanah pemakaman tersebut. Tanah makam itu berada di kawasan Cikuda, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Alasan Gani menempatkan TMPP di sebelah barat Kota Bandung adalah karena keinginannya untuk melahirkan ikon Persib di Kabupaten Bandung Barat seperti halnya Kabupaten Bandung dengan Stadion Si Jalak Harupat dan Kota Bandung dengan Stadion GBLA.

"Dengan tekad bersama, kami sengaja menyisihkan penghasilan bersama untuk membuat suatu karya yang belum ada sebelumnya. Tujuan membuat TMPP, dengan meninggalnya Kang Ayi Beutik, meninggalnya Rangga, kami seperti kehilangan momen, hanya sebulan dua bulan (kenangannya) selesai," ujar Gani saat menggelar jumpa pers di salah satu cafe di kawasan Dago, Kota Bandung, Jumat 29 Desemeber 2017 malams eperti diberitakan Prfmnews.

TMPP itu akan dibangun di atas lahan seluas 1 hektare. Namun menurut Gani, untuk tahap awal, pembangunan diprioritaskan untuk pembebasan tanah seluas setengah hektare terlebih dahulu. Jika tidak ada aral melintang, akhir 2018, taman makam itu bisa mulai dibangun.

"Dana dari rekan-rekan kami sudah ada tapi kalau ada donasi yang masuk, kami terbuka untuk itu. Untuk sekarang, administrasi pembebasan lahan masih diupayakan. Dana yang ada sekarang untuk pembebasan lahan," katanya.

Dewan pemilihan

Untuk memperkuat citra taman makam yang identik dengan Persib, Gani dan bobotoh lainnya juga akan membuat monumen patung setinggi 3,3 meter. Angka itu disesuaikan dengan tahun lahirnya Persib tahun 1933. Selain itu, museum Persib juga akan didirikan.

Terkait kriteria siapa saja yang bisa dimakamkan di TMPP, Gani akan membentuk dewan pemilihan yang anggotanya berasal dari manajemen Persib dan sejumlah pentolan suporter.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X