Rabu, 3 Juni 2020

Pemain yang Membela Persib Lebih dari Satu Dekade

- 25 Februari 2016, 11:21 WIB
DADANG Hidayat usai mencetak gol dari titik penalti ke gawang Persita di Stadion Siliwangi, Bandung, 16 Januari 2003 pada Liga Indonesia IX.*

BANDUNG, (PRLM).- Tidak banyak pemain yang menunjukan dedikasi dan loyalitas tinggi terhadap tim dengan berseragam Persib lebih dari 10 tahun. Berikut ini pemain yang pernah membela Persib lebih dari satu dekade
 
1. Robby Darwis (17 tahun)
Libero handal ini bergabung dengan persib sejak 1982 saat Marek Janota membangun tim dari pemain-pemain muda. Setahun berselang, ia sukses membawa Persib promosi ke Divisi Utama Perserikatan tahun 1983.
 
Hasilnya, posisi pemain kelahiran 30 Oktober 1965 ini pun kian tak tergantikan. Siapa pun pelatihnya, Robby selalu mendapatkan tempat utama di lini belakang.
 
Usai membawa Persib meraih Piala Presiden (juara Perserikatan) pada 1986, Robby pun kian banjir tawaran dari klub-klub lain. Tak hanya klub Perserikatan, klub-klub Galatama hingga klub luar negeri pun ingin menggunakan jasanya.
 
2. Cecep Supriatna (14 tahun)
Sempat tergabung di tim junior, Cecep Supriatna mulai bergabung dengan tim utama Persib pada musim 1995/1996 atau saat ia mulai menapaki usia 21 tahun.
 
Berposisi sebagai penjaga gawang, Cecep harus merasakan ketatnya persaingan. Pada musim 1998/1999, ia tidak masuk kerangka tim utama dari racikan pelatih Suryamin. Mundurnya sang pelatih di tengah jalan membuat nama Cecep ikut kembali bersama Persib.
 
Persaingan yang ketat juga membuat Cecep merasakan terdepak dan harus mencari klub lain. Saat Persibditangani Marek Sledzianowski tahun 2003, pemain kelahiran 6 November 1975 ini resmi hengkang ke Persijatim Solo FC.
 
3. Dadang Hidayat (12 Tahun)
Kesetiaan sepertinya sudah menjadi filosofi libero satu ini. Bukan hanya “One Man, One Club”, Dadang juga setia dalam menunggu kesempatan terbaiknya.
 
Berposisi sebagai libero, Dadang harus puas menjadi pelapis dari Robby Darwis. Sejak bergabung dengan Maung Bandung pada musim 1993, ia setidaknya butuh 6 tahun untuk tampil sebagai starter. Penantian itu tak sia-sia. Selepas Robby pensiun, pemain kelahiran 20 Agustus 1972 itu akhirnya mampu mengenakan ban kapten di seragam Pangeran Biru hingga penghujung karirnya.
 
Selama 12 tahun berkarir di sepak bola profesional, Dadang tercatat hanya membela satu klub. Yakni Persib semata. Pada musim 2005, ia lebih memilih gantung sepatu ketimbang harus membela klub lain. (Novianti Nurulliah/A-209)***
 

Editor: Novianti Nurulliah


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X