Pikiran Rakyat
USD Jual 14.032,00 Beli 14.130,00 | Sedikit awan, 21.8 ° C

Persib Waspadai Kebangkitan Kalteng Putra

Miradin Syahbana Rizky
PEMAIN Persib Bandung Ardi Idrus menghindari hadangan pemain Kalteng Putra OK Jhon  pada pertandingan Shopee Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa 16 Juli 2019. Dalam laga tersebut, Persib Bandung menang 2-0.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
PEMAIN Persib Bandung Ardi Idrus menghindari hadangan pemain Kalteng Putra OK Jhon pada pertandingan Shopee Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa 16 Juli 2019. Dalam laga tersebut, Persib Bandung menang 2-0.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

PALANGKARAYA, (PR).- Persib Bandung harus mewaspadai kekuatan mental dan motivasi para pemain Kalteng Putra saat bertanding di kandangnya Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, untuk menjalani laga pekan ke-26 Liga 1 2019, Jumat, 1 November 2019, pukul 18.30 WIB. Pasalnya, tim asuhan Gomes de Oliviera menjadi salah satu tim yang sulit untuk ditundukkan di markasnya.

Terakhir, pada Minggu, 27 Oktober 2019, mereka mampu mempecundangi tamunya Persela Lamongan dengan skor 2-0. Gol itu dicetak oleh Eydison di menit 28 dan Bonfirm pada menit 33.

Bermain di kandang, Kalteng Putra cukup sulit dikalahkan. Bahkan, dua tim besar seperti Bhayangkara FC kalah dengan skor 3-2. Selain itu, Arema FC juga kalah dengan skor telak 4-2.

Terakhir kali Patrick Wanggai dan kawan-kawan kehilangan tiga poin di kandang terjadi pada 3 Juli 2019 saat mereka ditumbangkan Borneo FC dengan skor 0-1. Kemudian pada 7 Juli 2019 mereka menyerah 0-2 dari PSS Sleman.

Motivasi mereka juga semakin berlipat karena ingin membalas kekalahan mereka atas Persib di putaran pertama Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat pada 16 Juli 2019. Kala itu dua gol Febri Hariyadi di menit 68 dan 79 membuat Kalteng menyerah 2-0 dari Persib Bandung. Alasan kedua yakni, Kalteng Putra sangat membutuhkan tiga poin guna terlepas dari zona degradasi.

Saat ini, Kalteng menempati peringkat ke-16 dari 18 konstestan Liga 1 2019. Dengan kondisi berada di tiga tim terbawah menuju Liga 2, Kalteng yang mengemas 23 poin tentunya tak mau semakin terpuruk di dasar klasemen Liga 1 2019.

Hal inilah yang dikatakan pelatih Kalteng Putra Gomes de Oliviera. Menurut Gomes, siapapun lawannya yang dibutuhkan Kalteng Putra adalah kemenangan agar bisa terlepas dari jeratan degradasi.

“Kita sudah siap hadapi Persib Bandung. Ya kita tahu Persib adalah tim besar. Tapi target kita harus menang, kalau kalah kita degradasi. Kami harus bisa membuat gol cepat,” ucapnya saat jumpa pers sebelum pertandingan di Stadion Tuah Pahoe, Kamis, 31 Oktober 2019.

Gomes menambahkan, kerja keras menjadi modal penting agar raihan tiga poin bisa tercapai. Dia pun mengingatkan anak asuhnya untuk bisa membalas kekalahan saat bertandang ke Bandung.

“Mudah-mudahan anak-anak bisa tampil baik dan bekerja keras. Kita harus balas kekalahan disana. Sebagai tuan rumah kita harus menang. Apalagi sekarang kita di zona degradasi,” tuturnya.

Bahkan, Oliviera mengaku telah mempersiapkan strategi khusus untuk meladeni tamunya Persib Bandung. "Persib Bandung tim yang kuat dan kualitas pemain Kalteng Putra sebenarnya tidak kalah dengan tim lawan yang akan dihadapi," kata Gomes.

Semangat pemain Kalteng Putra terus membaik, apalagi dengan kemenangan atas tamunya Persela Lamongan, semangat pun terus membara untuk meraih kemenangan di setiap laga. Tidak hanya itu, dengan mengusung kebersamaan yang dilakukan para pemain saat ini. Permainan tim 'Laskar Isen Mulang' julukan Kalteng Putra terus membaik, karena selama putaran kedua ini baru pertama kali mereka merasakan kemenangan.

"Selain berjuang, kami juga mempersiapkan sejumlah strategi, taktik dan antisipasi lini per lini agar tidak mudah dilewati oleh tim lawan saat bertanding nantinya. Kami terus berbenah dan melihat lini mana saja yang harus diperkuat. Apalagi ke depan menghadapi Persib Bandung yang nota bene tim kuat dan memiliki kualitas yang cukup bagus pula," kata Gomes.

Sementara itu, Pelatih Persib Robert Rene Alberts mengatakan Kalteng Putra pasti berusaha meraih kemenangan untuk memperbaiki posisi di klasemen. Menurut Alberts, timnya tidak bakal mudah untuk mengalahkan Kalteng Putra. Meski, berdasarkan posisi Maung Bandung menempati peringkat yang lebih baik dibanding tim tamu.

"Kami tahu Kalteng adalah tim yang bagus, mereka memainkan permainan menyerang yang kuat. Terutama dalam serangan balik," kata Rene Alberts.

Bukan itu saja, sosok asal Belanda tersebut juga menyatakan Kalteng Putra pasti berupaya untuk meraih kemenangan di laga tersebut. Hal ini untuk memperbaiki posisinya di klasemen.

"Kami juga tahu, Kalteng sedang berjuang untuk bisa keluar dari zona degradasi. Jadi tim mereka sudah pasti akan tampil fight untuk itu," ujarnya.

Namun demikian, Alberts memastikan bahwa Maung Bandung akan mengincar tiga poin. Hal ini guna menaikkan posisi peringkat Persib yang masih tercecer di luar sepuluh besar klasemen Liga 1 2019.

“Target kami meraih tiga poin di kandang lawan,” ujar pelatih asal Belanda tersebut.***

Bagikan: