Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Umumnya cerah, 24.2 ° C

Nasib Malang Fabiano Beltrame, Dipastikan Tidak Bisa Memperkuat Persib di Putaran Kedua

Abdul Muhaemin
PEMAIN belakang Persib Bandung, Fabiano Beltrame melempar bola saat menjalani sesi latih­an pagi di lapangan Saraga, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Rabu, 10 April 2019 lalu.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
PEMAIN belakang Persib Bandung, Fabiano Beltrame melempar bola saat menjalani sesi latih­an pagi di lapangan Saraga, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Rabu, 10 April 2019 lalu.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Fabiano Beltrame dipastikan tidak akan memperkuat Persib Bandung di putaran kedua kompetisi Shopee Liga 1 2019. Hal ini lantaran hingga batas akhir pendaftaran pemain menjelang putaran kedua yaitu Senin 17 September 2019, Fabiano masih belum mendapatkan status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Pemain asal Brazil itu juga telah absen membela Persib selama putaran pertama. Padahal proses naturalisasi yang diajukannya telah berlangsung sejak awal musim ketika dia didatangkan oleh manajemen Persib Bandung.

Namun nyatanya hingga putaran kedua Liga 1 2019 bergulir, status naturalisasi yang ditunggu-tunggu tidak kunjung selesai dan berlarut-larut. Akhirnya Fabiano kembali harus menelan pil pahit dan menerima kenyataan tidak bisa bermain untuk Persib Bandung.

Mengenai situasi pelik yang dihadapi oleh Fabiano, pelatih Persib Robert Alberts sangat kecewa dengan keadaan ini. Fabiano harus terus menunggu tanpa adanya kepastian yang jelas terkait perkembangan proses naturalisasi yang diharapkannya.

Robert Alberts sangat menyayangkan pemain berkualitas seperti Fabiano harus menganggur dalam waktu yang sangat lama. Padahal permainannya yang sangat berkualitas bisa memberikan kontribusi pada tim dan memperkuat lini pertahanan.

"Terkait Fabiano, saya sangat kecewa. Untuk Fabiano sendiri, tidak mudah untuk setiap hari terus menunggu dan akhirnya dia tak bisa bermain. Di sepakbola, pemain seperti Fabiano yang mempunyai kualitas dan kepribadian yang bagus, tentu dia ingin bermain," tutur Robert di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa 17 September 2019.

Tidak hanya itu, proses naturalisasi yang berlarut-larut dan tidak kunjung usai membuat masa depan Fabiano juga tidak jelas. Padahal jika Fabiano tidak bisa menjadi WNI dalam waktu yang cepat, dia akan mempunyai kesempatan di tim lain serta bisa terus bermain untuk menjaga pemainannya.

"Jadi kami tahu lebih cepat bahwa dia tidak akan mendapat paspor Indonesia dalam waktu dekat, kami bisa memberikan tindakan lain untuk Fabiano," katanya.

Kendati sangat kecewa dengan kondisi yang dialami oleh Fabiano, Robert mengaku sudah berkomunikasi dengan mantan pemain Persela Lamongan itu. Fabiano akan tetap berada di Bandung untuk menunggu proses naturalisasinya. Ketika sudah ada kejelasan, Fabiano akan pulang terlebih dahulu ke Brazil sebelum memutuskan masa depannya di musim depan.

"Tapi kami sudah berdiskusi dengan Fabiano dan dia masih akan tinggal di Bandung dan menunggu naturalisasinya selesai. Setelah itu dia akan membuat keputusan dan akan kembali ke Brasil untuk melakukan persiapan sebelum kembali bermain musim depan," ucap Robert.***

Bagikan: