Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Sedikit awan, 23.3 ° C

PS Tira Persikabo vs Persib Bandung, Soal Canggung dan Menunggu Kesalahan

Tim Pikiran Rakyat
Persib.*/DOK. PR
Persib.*/DOK. PR

BOGOR, (PR).- Persib Bandung akan menghadapi PS Tira Persikabo di Stadion Pakansari Bogor, Sabtu 14 September 2019. Laga tersebut diyakini akan berjalan menarik karena mempertemukan dua tim asal Jawa Barat.

Pengamat sepak bola dari Top Skor Arif Nugraha mengatakan, laga menjadi krusial sekaligus penting bagi Persib Bandung. Laga yang akan dimulai pukul 18.30 itu menjadi pertaruhan nasib Maung Bandung selama sisa Shopee Liga 1.

"Apa pun hasil pertandingannya, akan mempengaruhi langkah Persib Bandung ke depannya. Jika menang akan percaya diri, jika negatif akan berpengaruh (buruk) juga," kata Arif Nugraha dalam wawancara yang disiarkan Radio PRFM Jumat, 13 September 2019.

Laga perdana, kata Arif Nugraha, biasanya akan berjalan sedikit canggung karena para pemain demam panggung. Namun tidak akan ada masalah soal adaptasi karena komunikasi antarpemain sudah terbangun dengan baik sejak putaran pertama.

PEMAIN Persib Bandung Ezechiel N'Douassel menyundul bola ke gawang PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat 30 Agustus 2019.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

Arif Nugraha memprediksi adu taktik akan berlangsung menarik karena laga mempertemukan dua pelatih terbaik di Shopee Liga 1 yaitu Robert Rene Alberts dan Rahmad Darmawan. Dua pelatih tersebut sudah saling mengenal karakter dan taktik lawan.

"Mereka dua pelatih yang sudah tidak asing, sudah saling kenal, dan saling tahu taktik dan cara bermain," katanya.

Menunggu kesalahan tuan rumah

Pengamat sepak bola dari jurnalis kelompok kerja Persib Bandung Endra Kusuma mengatakan, hasil pertandingan menghadapi PS Tira Persikabo tidak melulu tercermin dari statistik, tetapi bergantung taktik masing-masing pelatih.

Menurut Endra Kusuma, pemain asing baru Persib Bandung belum teruji kualitasnya. Pada laga melawan PSS Sleman, ketiga pemain tersebut belum bisa menunjukkan kemampuan terbaik mereka.

PS Tira Persikabo vs Borneo FC/ANTARA

"Saat melawan PSS Sleman, pemain baru belum teruj. Ezechiel N’Doaussel juga tidak ada. Jadi, belum padu dengan pemain baru," kata Endra Kusuma.

Diamengatakan, Robert Rene Alberts harus mewaspadai permainan PS Tira Persikabo. Sebab, di tangan Rahmad Darmawan, PS Tira Persikabo menampilkan permainan ofensif.

"Rahmad Darmawan punya tipe permainan sepak bola menyerang dengan masuknya pemain timnas Manahati Lestusen dan Osas Saha," katanya.

Laga kali ini akan menjadi pembuktian skema Persib Bandung dengan pemain barunya. PS Tira Persikabo bukanlah tim yang mudah dikalahkan. Penyakit lama Persib Bandung yaitu soal transisi dari menyerang ke bertahan menjadi hal yang juga perlu diperhatikan.

"Sekarang yang akan jadi pembeda adalah menunggu kesalahan tim lawan," katanya.***

Bagikan: