Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Langit umumnya cerah, 16.3 ° C

Umuh Muchtar Berencana Pensiun, Pelatih Persib Akan Merangkap Manajer?

Irfan Subhan
MANAJER Persib Bandung Umuh Muchtar.*/DOK. PR
MANAJER Persib Bandung Umuh Muchtar.*/DOK. PR

KABAR mengejutkan datang dari manajer Persib Umuh Muchtar yang menyatakan dirinya akan segera pensiun dari jabatannya sebagai manajer Maung Bandung di musim depan. Berarti, ini merupakan musim terakhir pria yang identik dengan kumis tebalnya tersebut mendampingi Pangeran Biru.

Lebih dari satu dekade Umuh mendamping Persib sebagai manajer, bahkan dia sangat dekat dengan semua pemain dan terkenal loyal dan tidak segan untuk memberikan bonus kepada tim.

Ketika disinggung apa yang melatarbelakangi dirinya untuk memutuskan segera pensiun. Umuh mengatakan, saat ini usianya sudah memasuki 71 tahun hingga sudah saatnya ada regenerasi manajer di tubuh Persib.

“Biar semua sama-sama (kesempatan jadi manajer). Saaya juga akan selalu berdoa di belakang dan saya lihat masih banyak yang bisa ya. Umuh Muchtar memang menjadi salah satu pendiri (PT. Persib Bandung Bermartabat), dan sekarang semakin besar,” tutur Umuh saat ditemui di kediamannya Gang Desa, Kiaracondong, Kamis, 12 September 2019 malam.

Dia menambahkan, kemungkinan di tubuh Persib nanti akan meniru langkah seperti yang telah banyak dilakukan oleh klub-klub sepak bola di luar negeri dimana pelatih merangkap sebagai manajer.

“Saya yakin tidak ada manajer seperti saya ya mungkin disatukan. Nanti juga saya akan tetap ada untuk nonton di tribun, mungkin dengan Bobotoh atau wartawan dan akan tetap selalu bersama Persib,”katanya.

Umuh mengatakan, rencananya untuk pensiun ini sebelumnya telah dikomunikasikan denga Direktur Utama PT. Persib Bandung Bermartabat Glenn Sugita. Namun, Glenn meminta agar rencana tersebut untuk sementara ditangguhkan dulu karena saat ini persib masih membutuhkan Umuh.

Namun, untuk saat ini keputusan pensiun nampaknya sudah bulat dan akhir bulan ini Umuh akan bertemu dengan Glenn untuk membahasnya. “Insya Allah pak Glenn mengijinkan, sehabis bulan ini saya akan bertemu dan ngobrol,” ujarnya.

Saat ini Umuh akan mendamping Persib yang sedang berjuang untuk kembali naik ke papan atas klasemen sementara Shopee Liga 1 di putaran kedua ini. Meski nantinya, dia tidak akan mendamping tim. Umuh berjanji akan tetap menyokong tim serta memberikan bonus kepada pemain jika meraih kemenangan.

“Setelah pensiun nanti saya tetap mendukung, pasti. Dimana pun posisi saya, saya akan tetap setia dan slelau mendukung Persib karena juga kan saya awalnya dari bobotoh sebelum menjabat manajer seperti sekarang,” ucapnya.

Dia menambahkan, usai pensiuan dirinya akan menghabiskan waktu bersama keluarga tercintanya serta memperkuat ibadah sebagai bekal di hari nanti. Bahkan, Umuh pun telah memiliki rencana untuk masa depannya.

“Saya sekarang makanya ingin cepet pensiun untuk lebih nikmat beribadah, menebus dosa, menebus kekurangan kepada Allah. Sering bangun jam 1 atau 2 (dini hari), itu paling nikmat yah. Tahajud memohon kepada Allah. Saya juga memohon maaf selama saya di Persib masih banyak kekurangan, banyak kesalahan karena saya di Persib benar-benar karena sayang dengan Persib,” tuturnya.***

Bagikan: