Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Sedikit awan, 23.3 ° C

Direktur Persib Bandung Minta Liga 1 Putri Miliki Target Jangka Panjang

Abdul Muhaemin
Ilustrasi.*/CANVA
Ilustrasi.*/CANVA

BANDUNG, (PR).- Wacana bergulirnya kompetisi Liga 1 Putri di tahun 2019 telah digaungkan oleh PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia). Rencananya gelaran perdana Liga 1 Putri akan mulai melakukan Kick Off pada 6 Oktober 2019 nantinya dan diikuti oleh 10 tim. Dari 10 tim ini akan digunakan format grup yang dibagi ke dalam dua grup.

Persib Bandung yang menjadi salah satu tim di gelaran perdana kali ini menilai dimulainya kompetisi Liga 1 Putri adalah hal yang sangat positif. Untuk itulah Persib memberikan dukungan penuh untuk bisa menjalankan kompetisi perdana ini dengan baik dan sesuai dengan aturan yang telah berlaku.

Hanya saja Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono menegaskan bahwa kompetisi Liga1 Putri tidak boleh hanya menjadi wadah untuk memenuhi persyaratan yang diminta oleh FIFA ataupun AFC. Teddy mengharapkan agar kompetisi ini memiliki target jangka panjang agar sepak bola putri Indonesia bisa berprestasi dan berbicara lebih di kancah internasional.

“Kedepannya PSSI harus punya program jangka panjang, setelah Liga 1 Putri mulai lalu lanjutnya seperti apa, itu yang jadi PR nya. Karena kita tidak hanya memenuhi poin dari FIFA atau AFC tapi kita harus tahu mau kemana jangka panjangnya supaya bisa lebih berprestasi harus dibuat program jangka panjangnya seperti apa,” katanya.

Hal yang dikatakan oleh Teddy ini didasari oleh hasil pertemuan yang telah dilangsungkan PSSI bersama 18 klub peserta Liga 1. Dimana dalam salah satu pembahasannya menyinggung soal pemenuhan poin kepada FIFA dan AFC agar bisa dipunuhi dan dilaksanakan oleh PSSI di sepak bola Indonesia.

“Sebenarnya wacana ini muncul karena ada undangan dari PSSI, dimana dari 18 klub setelah semua ditanya ada 10 yang ikut. Setelah dijelaskan oleh PSSI bahwa program Liga Putri adalah poin yang harus diberikan kepada FIFA atau AFC, sehingga dengan dasar itu kita mendukung apa yang menjadi program PSSI,” ujarnya.

Dalam persiapan yang terbilang mepet kurang dari 1 bulan, Teddy tetap mempersiapkan tim putri Persib untuk gelaran ini. Proses pembentukan tim dan perekrutan sedang dilakukan untuk bisa menjadi tim tangguh nantinya.

“Sekarang lagi dimatangkan proses pembentukan tim putrinya, karena memang kita sudah berkomitmen mendukung program dari PSSI. Sehingga kita dengan komitmen itu sedang mempersiapkan dan kita godog,” tuturnya.***

Bagikan: