Pikiran Rakyat
USD Jual 14.037,00 Beli 14.135,00 | Badai petir, 25 ° C

Suporter Persib Bandung, PS Tira Persikabo, dan Persija Berkumpul di Bogor

Irwan Natsir
MENJELANG pertandingan PS Tira Persikabo melawan Persib Bandung di Shopee Liga 1 di stadion Pakansari, Cibinong, Polres Bogor mengumpulkan sejumlah elemen suporter pada Kamis 12 September 2019  di Mapolres Bogor.*/IRWAN NATSIR/PR
MENJELANG pertandingan PS Tira Persikabo melawan Persib Bandung di Shopee Liga 1 di stadion Pakansari, Cibinong, Polres Bogor mengumpulkan sejumlah elemen suporter pada Kamis 12 September 2019 di Mapolres Bogor.*/IRWAN NATSIR/PR

CIBINONG, (PR).- Polres Bogor mengumpulkan para pendukung Persib Bandung dan PS Tira Persikabo, Kamis 12 September 2019 di Mapolres Bogor di Cibinong. Kegiatan itu digelar menjelang pertandingan Shopee Liga 1 antara PS Tira Persikabo melawan Persib Bandung, Sabtu 14 September 2019 di stadion Pakansari.

Hadir dalam pertemuan tersebut Ultras Persikabo Curva Sud (UPCS), Kabomania, Viking Bogor, Viking Jabodetabek, serta perwakilan suporter Persija Jakarta.

Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky menegaskan, pengumpulan para pemimpin suporter yang ada di Kabupaten Bogor dilakukan terkait persiapan duel PS Tira Persikabo dengan Persib Bandung.

"Kepolisian sengaja mengumpulkan elemen suporter dan diajak duduk bersama untuk mendukung situasi kambtibmas yang kondusif di wilayah Bogor saat pertandingan," ujarnya.

"Kami ingin semua elemen menyukseskan pertandingan tersebut. Mudah-mudahan laga nanti kondusif, tidak ada gesekan antarsuporter,” kata Kapolres.

Terkait pengamanan, Kapolres belum menyebut secara rinci berapa jumlah personel yang akan diturunkan. Namun, dia mengatakan, Polres Bogor akan mengerahkan kekuatan penuh dalam melakukan pengamanan, ditambah kekuatan dari BKO Brimob Polda Jawa Barat.

Gesekan antarpendukung

Sementara itu, penasehat UPCS Komarudin berharap pertandingan PS Tira Persikabo melawan Persib Bandung bisa berjalan lancar. Soal pengamanan, dia mempercayakan hal itu sepenuhnya kepada Polres Bogor. "Pertemuan tersebut adalah bentuk koordinasi dan silaturahmi antarpendukung. Saya rasa sangat baik. Tujuannya agar pada pertandingan nanti para suporter harmonis. Semoga nilai kebersamaan ini selalu tertanam dan terjaga demi kemajuan sepak bolaIndonesia,” kata Komaruddin.

Menurut dia, dalam pertemuan itu, semua pihak punya komitmen menjaga agar menjelang laga hingga saat bubar pertandingan tidak terjadi gesekan antarsuporter. Berbagai ajakan dan harapan yang disampaikan kepolisian agar semua penduduk tertib dan tidak berlebihan merupakan langkah positif.

"Kepolisian meminta sejak di jalan menuju stadion maupun pulang, para pendukung tim bersikap tertib dan tidak melanggar aturan lalu lintas. Jika ditemukan pelanggaran, kepolisian akan bertindak tegas," kata Komarudin.

Ketika ditanya terkait gesekan antara pendukung PS Tira Persikabo dengan Persib Bandung, Komarudin berkata, saat pertandingan Shopee Liga 1 leg pertama di Bandung, terjadi sedikit gesekan. Namun untuk pertemuan leg kedua, dia meyakinkan hal seperti itu tidak akan terjadi lagi.

Pada pertandingan 18 Juni 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, laga kedua tim berakhir imbang 1-1. PS Tira Persikabo terlebih dulu unggul lewat gol Loris Arnaud menit ke 4. Kemudian disamakan Persib Bandung melalui gol Bojan Malisic menit ke 45.***

Bagikan: