Pikiran Rakyat
USD Jual 14.044,00 Beli 14.142,00 | Sedikit awan, 21.2 ° C

Pemulihan Cedera, Kondisi Kiper Persib Bandung Deden Natshir Membaik

Irfan Subhan
DEDEN Natshir*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
DEDEN Natshir*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Kondisi pemulihan cedera patah tulang kaki fibula dan tibia yang dialami oleh penjaga gawang Persib Muhammad Natshir Fadhil Mahbuby, berlangsung lancar. Bahkan, kondisi kiper yang akrab disapa Deden Natshir ini pun berangsur membaik.

Dokter tim Persib Rafi Ghani mengatakan, dirinya selalu melakukan pemantauan serta komunikasi dengan Deden terkait pemulihan cederanya. Bahkan kurang dari dua bulan sejak mengalami cedera, kondisinya berangsur membaik.

"Perkembangannya Alhamdulillah sangat baik. Meskipun masih menggunakan alat bantu jalan, Deden sudah bisa melatih kakinya. Dia terus menjalankan program dengan baik. Mudah-mudahan sesuai rencana,” tutur Rafi, Senin, 9 September 2019. 

Dia menambahkan, pada pekan ini Rafi akan mengantar Deden untuk kembali melakukan kontrol sekaligus pengecakan perkembangan patahan tulang kering, fibula, dan tibia. Dia ingin melihat sejauh mana perkembangan jaringan tulang sang pemain. 

"Besok pas dua bulan, kami akan foto X-ray apakah sudah ada pembentukan kalus di bagian yang patahnya. Kami akan lihat di bagian tulang yang patah apa sudah ada pembentukan tulang baru atau tulang lunak," katanya.

Rafi mengatakan, usia Deden yang masih produktif membantu pembentukan tulang baru di jaringan cederanya lebih cepat. Diharapkan, kondisi ini bisa membuat pemulihan penjaga gawang dengan nomor punggung 1 ini bisa lebih cepat dari yang diharapkan.

Mempengaruhi performa

Absennya Deden memang cukup mempengaruhi performa Persib di putaran pertama Shopee Liga 1 2019. Akibat cedera yang dialaminya saat Maung Bandung dijamu Persija Jakarta di Stdaion Gelora Bung Karno, ayah satu putri ini pun harus menepi lebih awal.

Cederanya Deden membuat jumlah penjaga gawang Persib di putaran pertama lalu menyisakan dua kiper yaitu I Made Wirawan dan Mochamad Aqil Savik. Jajaran pelatih pun langusng melakukan diskusi dengan manajemen untuk menyiasati agar posisi penjaga gawang Pangeran Biru menjadi lengkap.

Akhirnya, setelah melakukan pembicaraan, maka pelatih Robert Alberts pun menyepakati untuk mengontrak Dhika Bayangkara sebagai penjaga gawang baru di putaran kedua Shopee Liga 1 2019.

Sebelumnya, kiper asal Kuningan tersebut memperkuat PSS Sleman sebagai penjaga gawang ketiga. Selama memperkuat tim berjuluk Elang Jawa ini Dhika hanya mendapat satu kali kesempatan tampil.

Kini menatap putaran kedua, Persib melakukan pembenahan. Kabarnya, pelatih Robert Alberts pun masih mencari pemain lokal untuk melengkapi komposisi tim agar lebih kuat dibandingkan sebelumnya.

Selain itu, pelatih asal Belanda ini juga rencananya akan merekrut pemain dari Persib U-20 untuk melengkapi jumlah pemain U-23 sesuai dengan regulasi dari PSSI dan PT. Liga Indonesia Baru selaku operator Shopee Liga 1, karena Persib telah meminjamkan beberapa pemain mudanya separti Agung Mulyadi, M. Wildan Ramdani, dan Puja Abdilah ke Bandung United di Liga 2.***

Bagikan: