Pikiran Rakyat
USD Jual 14.044,00 Beli 14.142,00 | Sedikit awan, 21.2 ° C

Lakukan Game Internal, Para Pemain Persib Bandung Siap Tempur

Abdul Muhaemin
YAYA Sunarya.*/ABDUL MUHAEMIN/PR
YAYA Sunarya.*/ABDUL MUHAEMIN/PR

BANDUNG, (PR).- Tim Persib Bandung terus gencar melakukan persiapan menjelang bertamu ke markas Tira Persikabo dalam laga pertama di putaran kedua kompetisi Shopee Liga 1 2019. Pada Sabtu 7 September 2019, Persib melakukan game internal yang dilangsungkan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung.

Game internal yang dilakukan dikatakan pelatih fisik Yaya Sunarya sebagai upaya untuk mengukur sejauh mana progress tim semenjak memulai kembali latihan. Usai libur selama 4 hari semenjak putaran pertama selesai, para punggawa Persib Bandung memang baru kembali berlatih pada Rabu 4 September 2019.

Dalam game internal yang dilakukan, para pemain telah menunjukan grafik permainan sesuai dengan yang diharapkan. Menu-menu latihan yang selama ini diberikan oleh tim pelatih kepada para pemain berhasil diaplikasikan oleh Supardi, dkk. dalam simulasi game internal. Meski seharusnya dilakukan uji coba, game internal telah menunjukan hasil sesuai dengan apa yang diinginkan oleh jajaran pelatih.

“Pertandingan yang bagus, uji coba yang bagus buat pemain, kita bukannya tidak membutuhkan uji coba dengan tim lain. Tapi manfaat kedua tim yang dilakukan dengan sesama  pemain kita menunjukan bagaimana grafik pemain yang ingin kita lihat selama menjalani latihan ternyata memberikan dampak yang bagus, itu yang kita harapkan dalam game internal kali ini,” tutur Yaya.

Pengukuran grafik permainan maupun individual para pemain Persib Bandung, Yaya menegaskan tidak asal bicara. Dia berbicara hal tersebut lantaran dibantu oleh alat yang disebut Catapult untuk mengukur grafik pemain selama game internal berlangsung. Melalui alat Catapult, para pemain Persib Bandung dipastikan dalam kondisi siap tempur untuk menghadapi pertandingan.

“Mengenai perkembangan secara tim sudah tercapai karena kita lihat hasilnya berdasarkan beberapa pemain yang kita memang sudah intens grafik permainan atau tiap individu berdasarkan alat Catapult. Jadi kita lihat berdasarkan alat para pemain sudah siap dalam kondisi untuk bermain,” katanya.

Kendati merasa puas dengan performa yang ditunjukan oleh para punggawa klub berjuluk Maung Bandung itu, Yaya tidak menampik bahwa masih ada beberapa pemain yang masih belum mencapai top performa. Dia akan memberikan intruksi khusus kepada para pemain tersebut agar bisa meningkatkan kondisi kebugaran fisik serta permainan.

“Hanya ada beberapa pemain yang perlu kita informasikan supaya mereka bisa menjaga kondisi fisik serta kualitas permainannya,” ujarnya.

Full team jelang laga

Sementara itu pada game internal yang dilangsungkan tersebut masih ada beberapa pemain yang belum menunjukan batang hidungnya. Febri Hariyadi, Fabiano Beltrame, Ezechiel N’Douassel, Beckham Putra Nugraha hingga Gian Zola masih absen dalam latihan tersebut. Yaya mengatakan tim Persib Bandung akan full team menjelang berlangsungnya laga kontra Tira Persikabo.

“Seperti yang kita tahu bahwa ada Febri masih di Timnas kemungkinan bisa bergabung tanggal 11, Ezechiel juga sama, kemudian Beckham mungkin bisa gabungnya saat menjelang pertandingan,” ucapnya.

Imbas dari tidak hadirnya beberapa pemain tersebut akhirnya tim pelatih Persib Bandung memilih untuk menghadirkan beberapa pemain dari Maung Anom serta Persib U20 untuk melengkapi game internal. Hal ini untuk bisa melengkapi kekurangan-kekurangan pemain di beberapa posisi.

“Kita memang ada kekurangan pemain salah satunya dari posisi defender, karena kebetulan Fabiano ada kegiatan sponsor. Jadi kita harus minta bantuan ke Maung Anom, ada yang dari Persib U20 juga jadi kita coba menutup kekurangan-kekurangan pemain berdasarkan keadaan,” katanya.***

Bagikan: